Anda mungkin bertanya tanya apa itu retail? Sederhananya retail adalah metode penjualan yang langsung pada konsumen secara eceran. Penjualan secara retail merupakan salah satu strategi meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan konsumen yang memiliki purchase intent yang tinggi.
Tanpa disadari, toko retail merupakan bisnis yang paling sering ditemukan dan ada di mana-mana seperti warung, supermarket, departement store, dan lainnya. Untuk ketahui lebih lanjut tentang apa itu retail, apa saja jenis, karakteristik, beserta contohnya, simak artikel berikut hingga akhir!
Apa itu Retail?
Retail adalah metode penjualan suatu bisnis yang menjual produk atau jasa secara langsung pada konsumen dalam jumlah satuan atau eceran. Penjualan secara retail memang ditujukkan untuk penggunaan pribadi oleh konsumen dan tidak untuk dijual kembali.
Menurut Philip Kotler, seorang profesional di bidang marketing, retail adalah serangkaian proses penjualan barang atau jasa secara satuan yang langsung kepada konsumen dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan individu mereka.
Tujuan utamanya diterapkan metode penjualan retail adalah untuk membantu konsumen mendapatkan produk dengan lebih mudah, mempermudah proses pemasaran, meningkatkan penjualan, serta mengamati produk apa saja yang diminati oleh konsumen.
Baca juga: 9 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Dalam Bisnis
Jenis Bisnis Retail
Saat ini, bisnis retail sudah banyak dijalankan dan jenisnya berbeda-beda berdasarkan produk yang dijual, kepemilikan, dan juga skala bisnis. Berikut merupakan penjelasan lebih lanjutnya:
Berdasarkan Produk yang dijual
Jenis bisnis retail dapat dibedakan menjadi tiga kategori utama berdasarkan produk yang dijualnya dapat berupa produk, jasa, dan non-store sebagai berikut:
- Retail Produk: Jenis retail produk berfokus pada penjualan produk yang dapat langsung digunakan, umumnya produk yang dijual berupa makanan, minuman, alat rumah tangga, alat kebersihan, atau fashion.
- Retail Jasa: Di sisi lain, terdapat juga jenis retail yang berfokuskan untuk menjual jasa dan bukan produk fisik. Contohnya, seperti jasa servis kendaraan, jasa transportasi online, atau laundry.
- Retail Non-Store: Selain menjual produk dan jasa secara langsung, terdapat juga jenis retail yang menggunakan teknologi mesin untuk menjual produk, seperti vending machines.
Berdasarkan Kepemilikan
Selain dibedakan berdasarkan produk yang dijual, toko retail juga dapat dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan kepemilikannya sebagai berikut:
- Retail Independen: Sesuai dengan penyebutannya, jenis retail satu ini bergerak secara mandiri dan dalam operasionalnya tidak bergantung kepada pihak lain. Contohnya adalah warung, toko kelontong, dan warung makan.
- Retail Franchise: Berkebalikan dengan retail independen, jenis retail franchise merupakan penjualan yang memasarkan produk sesuai dengan standar perusahaan pusat sehingga pemilik bisnis tidak perlu merintis bisnis dari awal.
Berdasarkan Skala Bisnis
Jenis retail juga dapat dibedakan berdasarkan skala bisnis yang dilakukan menjadi dua kategori sebagai berikut:
- Retail Skala Kecil: Jenis retail ini cenderung menjual produk dalam jumlah yang terbatas, misalnya pedagang kaki lima, pedagang keliling, dan kios.
- Retail Skala Besar: Untuk retail skala besar barang yang dijual cenderung dalam jumlah yang banyak dan memiliki variasi lengkap contohnya toserba, supermarket, dan departement store.
Karakteristik Bisnis Retail
Setelah mengetahui apa itu retail, kini saatnya Anda mengenali karakteristik bisnis retail lebih jauh. Bisnis retail memiliki karakteristik yang khusus, di antaranya:
1. Penjualan Barang dilakukan dalam Jumlah Satuan
Sudah menjadi hal umum bahwa toko retail menjual barang dalam jumlah satuan atau eceran sehingga pemilik bisnis harus pandai memilih stok dan mencari tahu produk apa saja yang penjualannya tinggi.
2. Langsung Berhadapan dengan Konsumen
Karena konsep penjualan dengan jumlah satuan, tentunya bisnis retail akan berhubungan secara langsung dengan konsumen. Oleh karena itu, setiap pemilik bisnis retail harus memiliki kemampuan pelayanan yang baik dan juga memberikan harga yang bersaing.
3. Menjual Berbagai Jenis Produk
Karena karakteristik retail yang menjual produk secara satuan dan berhadapan langsung dengan konsumen, maka sebagian besar toko retail ini juga akan menjual berbagai jenis produk. Produk yang dijual disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup konsumen sehari-hari.
Baca juga: 9 Cara Mengelola Inventory Toko yang Baik Agar Lebih Efektif
Contoh Bisnis Retail
Seiring dengan peningkatan kebutuhan konsumen, retail juga semakin bertambah. Beberapa contoh bisnis retail yang umum ditemukan di sekitar Anda di antaranya:
1. Toko Kelontong
Toko kelontong merupakan retail skala kecil berupa warung sembako yang terdapat di lingkungan rumah Anda. Jenis retail ini umumnya menjual berbagai kebutuhan sehari-hari mulai dari makanan, minuman, obat, hingga peralatan rumah tangga lainnya.
2. Departemen Store
Retail yang berbentuk departement store merupakan jenis bisnis skala besar yang menyediakan produk secara lengkap dan teratur berdasarkan kategori. Cakupan produk yang dijual di departement store akan lebih besar dibandingkan toko kelontong.
3. Mobile Retailer
Mobile retailer merupakan jenis retail yang mengintegrasikan teknologi dalam operasionalnya. Jenis ini menggunakan platform dalam smartphone untuk memesan produk kemudian barang akan dikirimkan langsung ke alamat konsumen.
4. Internet Retailer
Mirip dengan mobile retailer, internet retail juga memanfaatkan teknologi untuk melakukan pembelian secara online melalui situs seperti e-commerce. Internet retailer biasanya menjual produk dengan harga pasaran yang lebih murah dibandingkan harga eceran.
Demikian penjelasan tentang apa itu retail, jenis-jenis, karakteristik, dan contohnya. Peruntukkan adanya retail memang untuk penjualan secara langsung kepada konsumen dan tidak untuk dijual kembali. Sebagian besar toko retail menyesuaikan jenis produk yang dijualnya dengan kebutuhan dan juga gaya hidup konsumen sehari-hari.
Jika Anda ingin memulai bisnis retail pribadi namun masih bingung mencari pemasok produk yang akan di jual, maka emitra dapat menjadi solusi terbaik. Mirip dengan e-commerce pada umumnya, emitra merupakan platform yang dirilis oleh eDOT untuk membantu Anda membeli persediaan atau kebutuhan bisnis resmi dari distributor secara mudah dan praktis.
Tidak hanya terbatas melakukan pembelian, Anda juga dapat menjual dan meningkatkan penjualan produk secara online sambil bersantai di rumah.
Selain gampang untuk digunakan, platform kami juga dilengkapi fitur real-time tracking sehingga tidak perlu khawatir dengan status pengiriman. Tertarik mencoba? Dapatkan demo secara gratis dengan hubungi tim customer service kami sekarang!