Tiktok Shop memungkinkan Anda untuk menjual produk dan mengintegrasikannya dengan konten-konten yang dibuat. Optimasi TikTok Shop perlu untuk Anda lakukan karena kompetitor di sana bisa sangat banyak.
Oleh karena itu, penting untuk dipelajari secara mendalam berbagai cara meningkatkan penjualan di Tiktok Shop. Meski mirip dengan media sosial lainnya, optimasi TikTok Shop memerlukan strategi tersendiri.
Selain menguasai manajemen penjualan, Anda juga harus mengetahui langkah-langkah membuat konten berkualitas dan strategi lainnya. Baca artikel ini lebih lanjut untuk mempelajarinya.
Cara Optimasi TikTok Shop
TikTok mempunyai halaman For You yang menampilkan konten-konten dari semua pengguna. TikTok mempunyai algoritma tersendiri untuk memutuskan konten-konten yang akan ditampilkan lebih sering.
Cara agar TikTok Shop ramai adalah dengan memaksimalkan beberapa hal agar konten-konten Anda lebih dilirik oleh algoritma ini.
Secara umum, algoritma TikTok bekerja dengan menyeleksi konten-konten mana saja yang sesuai dengan minat pengguna dengan memperhatikan beberapa faktor.
Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda tempuh untuk melakukan optimasi TikTok Shop. Baca lebih lanjut.
1. Lakukan A/B Testing
Setiap strategi optimasi penjualan memerlukan tes terlebih dahulu untuk melihat performanya. A/B Testing adalah istilah marketing yang berarti membandingkan hasil beberapa strategi untuk mencapai tujuan tertentu. Langkah ini berguna untuk mengetahui strategi mana yang menghasilkan output terbaik.
Contohnya, untuk meningkatkan jumlah view, Anda bisa melakukan beberapa strategi, seperti menggunakan tagar, menyewa influencer, atau meningkatkan kuantitas konten. Bandingkan semua strategi ini dan pilih yang memberikan hasil terbaik.
2. Optimalkan Deskripsi Produk
Deskripsi produk yang informatif beserta katalognya akan mempermudah pelanggan potensial untuk lebih yakin membeli.
Gunakan kata-kata yang deskriptif dan menjual ketika menulis keterangan produk, seperti paling ampuh, terbaik di kelasnya, super premium, atau tiada tanding.
3. Pakai Tagar dan Kata Kunci yang Tepat
Tagar dan kata kunci membantu algoritma TikTok untuk mengelompokkan konten Anda dengan konten-konten sejenis.
Penggunaan kedua hal ini secara cermat akan mempermudah konten-konten Anda untuk ditemukan pengguna lainnya. Gunakan tagar, seperti #viral, #fyp, #hits, #kekinian, atau #ootd untuk produk pakaian.
Untuk menentukan tagar dan kata kunci, lihatlah kata-kata apa saja yang dipakai kompetitor atau brand leader produk Anda. Lakukan a/b testing berbagai tagar dan kata kunci tersebut untuk menemukan yang terbaik.
Baca juga: Ini Cara Berjualan di TikTok Shop Untuk Pemula
4. Manfaatkan Fitur-fitur Kreatif Tiktok
TikTok menawarkan berbagai filter, efek, dan musik untuk mempercantik tampilan konten.
Gunakan musik yang sedang populer di TikTok sebagai suara latar belakang. Manfaatkan juga aplikasi editing untuk membuat efek transisi yang lebih menarik.
Sebagai contoh, gunakan efek green screen untuk membuat konten yang menarik dengan cepat dan praktis. Efek teks subtitle juga bisa Anda gunakan untuk mempermudah pengguna TikTok memahami isi konten Anda.
5. Bangun Interaksi dengan Penonton
Salah satu keuntungan memanfaatkan platform digital marketing seperti TikTok adalah Anda bisa lebih interaktif dengan pelanggan.
Anda bisa melakukannya dengan sering-sering membalas komentar dan direct message, membuat konten dari keresahan pelanggan, dan menyebut pelanggan tertentu di dalam konten.
6. Buatlah Konten-Konten Berkualitas Sesering Mungkin
Pada dasarnya, seseorang memakai TikTok untuk mencari hiburan dan bukan untuk belanja. TikTok hanya memfasilitasi penjualan suatu produk yang menarik perhatian.
Buatlah sebuah content plan sebagai panduan membuat konten. Seimbangkan jenis konten promosi dengan jenis konten hiburan agar pemasaran produk lebih terasa lembut dan tidak memaksa.
Baca juga: 10 Cara Efektif Membuat Konten Menarik di Media Sosial
7. Sewa atau Collab dengan Influencer
Influencer memiliki basis penonton yang banyak dan setia. Anda bisa menyewa jasa promosi dari mereka atau melakukan collab.
Beri instruksi untuk membuat konten yang menyasar target pasar tertentu dengan panduan visual tertentu dan. Instruksikan juga influencer untuk melakukan demo produk.
8. Manfaatkan Live Streaming
Fitur ini mendorong pengguna TikTok untuk berinteraksi secara langsung dengan penjual, mirip seperti ketika belanja di toko sungguhan.
Anda bisa melakukan demo produk, mengarahkan pelanggan ke website, menjawab pertanyaan secara langsung, dan lain-lain. Pelanggan potensial akan lebih yakin untuk membeli ketika melihat kualitas produk secara langsung.
Itulah berbagai cara agar Tiktok Shop ramai. Optimasi Tiktok Shop bisa Anda lakukan dengan melakukan A/B testing terlebih dahulu untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan sebuah strategi.
Pelajari dulu tips-tips di atas agar Anda semakin paham cara meningkatkan penjualan di Tiktok Shop.
Untuk mempermudah perusahaan Anda, gunakan emagineer. emagineer adalah sebuah agensi pemasaran yang membantu Anda untuk mengembangkan brand Anda agar semakin dikenal. emagineer membantu Anda berinovasi dan berkreativitas dengan bantuan data yang efektif.
emagineer membantu Anda untuk menyusun strategi marketing dan menawarkan berbagai layanan digital marketing seperti KOL Management, Talent Management, TikTok Shop Enabler, dan beragam fitur lainnya. Dengan begitu, mengelola halaman Tiktok Shop perusahaan Anda menjadi lebih mudah.
emagineer berada dibawah naungan adalah buatan PT Elektronik Distribusi Otomatisasi (eDOT) yang sudah bekerjasama dengan berbagai perusahaan di bidang gaming, FMCG, dan telekomunikasi. Dapatkan konsultasi gratis kebutuhan pengelolaan media sosial Anda sekarang!
Baca juga: Strategi Digital Marketing dan Tren FMCG Indonesia 2024