Apa itu Sales Tracking System? Ini Cara Menggunakannya

26 December 2024

Sales tracking system adalah sebuah alat untuk mengatur semua proses penjualan pada suatu perusahaan.

Alat ini membantu untuk meningkatkan produktivitas tim sales dan memudahkan perusahaan untuk menyusun strategi meningkatkan penjualan. 

Sales tracking system adalah salah satu tool yang terdigitalisasi agar pekerjaan tim sales menjadi lebih mudah. 

Anda bisa menggunakannya untuk menyusun strategi penjualan atau strategi meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk mengetahui apa itu sales tracking system beserta kegunaan lainnya, baca lebih lanjut artikel ini. 

Apa itu Sales Tracking System?

Sales tracking system adalah sebuah sistem yang terdiri dari aplikasi digital yang digunakan untuk memberikan kemudahan seluruh kegiatan sales. 

Aplikasi ini memungkinkan otomatisasi beberapa tugas yang lebih cepat jika dilakukan secara digital. Penggunaan sistem ini membantu meningkatkan produktivitas perusahaan secara keseluruhan.  

Sistem ini tidak hanya sebatas digunakan oleh tim sales saja. Tim data analyst, marketing, dan manajemen menggunakannya pula untuk melihat data penjualan serta menyusun strategi penjualan. 

Tim warehouse atau gudang juga menggunakan aplikasi ini untuk mencatat inventarisasi barang. 

Baca juga: 9 Cara Efektif Mengelola Inventory Toko untuk Bisnis Ritel

Manfaat Menggunakan Sales Tracking System 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sales tracking system berguna untuk memantau keseluruhan proses penjualan dari awal sampai akhir dan menghasilkan data untuk menyusun strategi meningkatkan penjualan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian berikut ini. 

1. Mudah untuk Mengumpulkan Data Penjualan 

Jika perusahaan Anda menggunakan sistem ini, maka seluruh data aktivitas penjualan akan tercatat secara otomatis. 

Hal ini dapat memudahkan kerja tim data analyst dalam melakukan visualisasi data dan mempersingkat kerja tim sales dalam mencatat setiap penjualan. Kemudahan dan kecepatan ini membantu meningkatkan produktivitas perusahaan. 

2. Meningkatkan Produktivitas Divisi Sales 

Data yang sudah diolah oleh tim data analyst bisa digunakan untuk menyusun strategi penjualan. 

Anda bisa melihat produk mana yang sedang perform bagus atau kurang bagus. Anda juga bisa melihat apakah target pasar suatu produk sudah tepat. Nantinya, semua keputusan yang diambil berdasarkan data ini akan membantu meningkatkan penjualan. 

Baca juga: 7 Strategi Efektif Meningkatkan Produktivitas Sales

3. Mudah untuk Memantau Performa Penjualan 

Data yang dihasilkan oleh sistem ini adalah real time. Anda bisa memantau performa penjualan kapan saja Anda mau. 

Anda juga bisa memantau apakah produk-produk Anda diterima dengan baik oleh target pasar. Hal ini sangat penting mengingat Anda juga harus menyusun strategi pemenuhan kepuasan pelanggan. 

4. Menghemat Biaya Operasional 

Sales tracking system juga memungkinkan Anda untuk melihat apakah ada yang bisa dihemat dalam semua kegiatan perusahaan. 

Dengan begitu, Anda bisa membuat keputusan penghematan berdasarkan data real time yang akurat. 

Tips-tips Menggunakan Sales Tracking System untuk Meningkatkan Penjualan 

Sistem aplikasi ini memang sangat powerful. Maka dari itu, Anda harus mempelajarinya agar potensi besar sistem ini bisa sepenuhnya dirasakan. 

Berikut ini tips-tips menggunakan sales tracking system secara baik dan benar untuk meningkatkan penjualan perusahaan. 

1. Kenali Jenis Produk Apa yang Berperforma Baik dan Buruk

Pada dashboard sales tracking system, Anda bisa melihat semua performa penjualan produk-produk perusahaan. 

Di sini Anda bisa mengenali produk-produk mana saja yang kurang bagus penjualannya. Anda bisa mengambil keputusan dengan melihat data-data relevan yang telah disediakan oleh aplikasi ini.  

2. Perhatikan Apakah Produk Sudah Menyasar Target Pasar atau Belum 

Anda juga bisa melihat apakah produk Anda sudah tepat sasaran atau belum. Jika ternyata produk Anda tidak tepat sasaran, diskusikan lagi strategi penjualan bersama tim marketing. 

Manfaatkan pula semua data yang relevan untuk memperbaiki branding produk tersebut. Anda juga bisa menggunakan data dari aplikasi ini untuk membuat konten digital sebagai promosi. 

Baca juga: 10 Cara Efektif Membuat Konten Menarik di Media Sosial

3. Lakukan Evaluasi Lama Waktu Penjualan 

Aplikasi ini juga berguna dalam memantau durasi penjualan. Anda bisa melihat di bagian mana saja penjualan menjadi terhambat. 

Cek arus keluar masuk barang di gudang dan cek pula arus distribusi barang dari perusahaan sampai dengan pembeli. Jika masalah sudah teridentifikasi, maka Anda bisa melakukan perbaikan. 

4. Buat Strategi Penjualan Baru Berdasarkan Data yang Ada 

Seperti yang telah disebutkan di atas, semua data relevan yang ditampilkan oleh aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk menyusun strategi meningkatkan penjualan yang baru. 

Perhatikan tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu produk. Memperhatikan feedback dari konsumen ini penting untuk membuat konsumen Anda tidak beralih ke kompetitor perusahaan Anda.

Aplikasi Sales Tracking 

Salah satu aplikasi sales tracking yang patut dipertimbangkan adalah ework dari eDOT. Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Elektronik Distribusi Otomatisasi Terkemuka (eDOT) berdasarkan pengalaman lebih dari 10 tahun di industri distribusi FMCG

ework juga dilengkapi dengan sistem Otomasi Angkatan Penjualan (Sales Force Automation/SFA) yang berfungsi untuk mengotomatisasi berbagai tugas penjualan, termasuk manajemen kontak pelanggan, manajemen inventaris, dan pemrosesan pesanan. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi operasional serta produktivitas tim penjualan. Selain itu, Ework menawarkan fitur sistem pelacakan penjualan yang memungkinkan perusahaan untuk:

  1. Mengumpulkan data penjualan dengan mudah dan otomatis.
  2. Meningkatkan produktivitas divisi sales dengan analisis data yang akurat.
  3. Memantau performa penjualan secara real-time.
  4. Menghemat biaya operasional melalui optimalisasi proses penjualan.

Dengan memanfaatkan ework, perusahaan memiliki kemampuan untuk menganalisis data penjualan guna mengidentifikasi produk yang berkinerja baik maupun buruk, serta untuk menilai apakah strategi pemasaran telah menargetkan pasar yang tepat. Pendekatan ini memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan akurat dalam upaya meningkatkan efektivitas penjualan secara keseluruhan.

Itulah tadi pengertian Sales Tracking System beserta beragam manfaat dan tips-tips menggunakannya secara maksimal. 

Aplikasi ini bisa membantu Anda menyusun strategi penjualan dengan lebih mudah. Sifatnya yang sangat menyeluruh juga bisa membantu meningkatkan produktivitas tim sales. 

Bagi Anda yang sedang mencari sebuah sistem yang mempermudah untuk melakukan seluruh kegiatan sales, ework bisa menjadi pilihan yang tepat. 

ework dikembangkan oleh PT Elektronik Distribusi Otomatisasi (eDOT) yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun di sektor distribusi FMCG. 

ework adalah sebuah aplikasi sales force automation (SFA) yang membantu perusahaan untuk menjawab tantangan industri. 

ework mengotomatisasi berbagai tugas administrasi dan menyediakan dashboard secara real time untuk memantau seluruh aktivitas sales Anda. 

ework juga dilengkapi dengan fitur Chat-Commerce yang semakin memudahkan Anda memantau pergerakan sales perusahaan. Fitur ini hanya ditemui di ework tidak ditemukan pada aplikasi lainnya. 

Cobalah demo gratis untuk melihat berbagai kelebihannya dan segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.