Mengenal Digital Marketing, Manfaat, dan Berbagai Jenisnya

03 December 2024

Digital marketing adalah sebuah inovasi di dunia marketing yang menggabungkan media digital dengan dunia pemasaran. 

Penggabungan kedua hal ini menciptakan teknik-teknik pemasaran yang baru pula. Anda tentunya sudah familiar dengan dunia pembuatan konten dan cara-caranya, bukan?

Digital marketing menawarkan jangkauan pemasaran yang lebih luas dan personalisasi konten yang lebih mendalam. 

Hal ini membuat Anda bisa berinteraksi dengan pelanggan potensial dengan lebih mudah. Anda juga bisa melakukan pemasaran tanpa mengenal jarak dan waktu. Simak apa itu digital marketing dan beragam manfaatnya di artikel ini. 

Apa Itu Digital Marketing?

Pemasaran digital atau digital marketing adalah berbagai teknik promosi yang tampil di berbagai perangkat digital dan melibatkan cara-cara yang cukup berbeda dengan pemasaran tradisional. 

Digital marketing memungkinkan Anda untuk memanfaatkan ruang digital sebagai tempat berpromosi dan membangun interaksi yang lebih mendalam dengan pelanggan potensial. 

Secara umum, digital marketing menggunakan media video, blog post, media sosial, dan beberapa platform iklan, seperti Facebook Ads, Tiktok ads, dan Google Ads. 

Semua media ini mempunyai peruntukan, keunggulan, dan strategi penggunaan yang berbeda-beda. Agar lebih memahaminya, mari baca lebih lanjut. 

Baca juga: Strategi Digital Marketing dan Tren FMCG Indonesia 2024

Manfaat Digital Marketing

Kegunaan digital marketing selain jangkauannya yang sangat luas adalah mudahnya memperoleh feedback konsumen. Namun, manfaat digital marketing tidak berhenti di sana. Simak manfaat lainnya di bawah ini. 

1. Memperluas Jangkauan Pemasaran 

Secara umum, keunggulan digital marketing adalah jangkauannya yang sangat luas. Angka penggunaan gawai dan infiltrasi internet yang terus meningkat membuat ini semua bisa terjadi. Anda bisa menjangkau target audiens tanpa terhalang jarak dan waktu. 

2. Mempermudah Menyasar Target Pasar dengan Akurat 

Media sosial mempelajari aktivitas penggunanya. Berbagai aktivitas pengguna akan memicu algoritma tertentu dari media sosial untuk lebih sering menampilkan konten-konten favorit saja. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi target pasar. 

3. Bisa Berkomunikasi dengan Konsumen Secara Langsung

Digital marketing memungkinkan konsumen untuk berinteraksi lebih dalam dengan brand. Berbagai interaksi yang terjadi pun bisa bermacam-macam, mulai dari balasan komentar sampai dengan direct message. 

4. Mempererat Hubungan dengan Konsumen 

Kemudahan komunikasi akan mempererat hubungan konsumen dengan sebuah brand. Hal ini akan meningkatkan reputasi brand di mata masyarakat sehingga memicu potensi kenaikan sales. Hal ini juga akan meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Baca juga: 8 Faktor dan 7 Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

5. Memperkuat Branding Perusahaan

Branding sebuah perusahaan bisa dibangun dengan menampilkan sebuah citraan tertentu di media sosial. Kecepatan laju informasi memungkinkan perusahaan mempelajari hal apa saja yang disukai target pasar. Data ini bisa anda gunakan untuk memperkuat branding. 

6. Mudah Mendapatkan Data untuk Evaluasi 

Kecepatan laju informasi juga memungkinkan perusahaan untuk menerima beragam feedback dari pasar jika ada ketidaksesuaian. Anda bisa mempertimbangkan feedback tersebut untuk melakukan evaluasi sehingga pelanggan merasa terdengar. 

Jenis-jenis Digital Marketing 

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada banyak sekali jenis-jenis digital marketing. Setiap jenis membutuhkan strategi digital marketing yang berbeda dan mempunyai manfaat yang berbeda pula. Berikut ini adalah beberapa contoh yang perlu Anda ketahui. 

1. Social Media Marketing (SMM)

Social Media Marketing adalah strategi pemanfaatan layanan iklan di platform media sosial. Beberapa layanan, seperti Meta Ads dan Tiktok Ads bisa Anda manfaatkan untuk menampilkan konten secara berulang atau di halaman FYP. 

2. Content Marketing

Content Marketing adalah strategi digital marketing untuk mengenalkan brand secara organik tanpa bantuan iklan. Strategi pemasaran digital ini membantu brand menumbuhkan exposure dan traffic secara perlahan namun pasti dan tidak cepat hilang. 

3. Influencer atau KOL Marketing

Sebuah brand juga bisa memanfaatkan para influencer untuk memasarkan produknya. Strategi digital marketing ini, jika dilakukan dengan benar, akan sangat membantu brand exposure dan tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan sales juga. 

4. Search Engine Marketing (SEM)

Strategi ini memanfaatkan layanan iklan dari search engine, seperti Google Ads. Iklan Anda akan tampil di halaman dan peringkat pertama penelusuran. Strategi ini bisa sangat berguna untuk menaikkan traffic website yang akhirnya akan berpengaruh terhadap brand exposure. 

5. Search Engine Optimization (SEO)

SEO memungkinkan Anda untuk menumbuhkan traffic website secara organik dengan strategi-strategi tertentu. Strategi ini mempunyai manfaat jangka panjang untuk menanamkan brand awareness ke pelanggan potensial yang sedang berselancar di search engine. 

6. Email Marketing 

Strategi email marketing berfungsi untuk memberi informasi promo menarik langsung ke email pelanggan. Strategi ini bertujuan untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Strategi ini efektif untuk mempertahankan pelanggan yang sudah membeli produk Anda. 

Demikian penjelasan tentang digital marketing beserta manfaat dan jenis-jenisnya. Berbagai strategi digital marketing di atas harus Anda terapkan pada perusahaan Anda, terutama di era teknologi informasi seperti sekarang ini. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi kampanye pemasaran digital yang tersedia. 

Salah satu aplikasi kampanye digital yang bisa Anda gunakan adalah emagineer. emagineer adalah platform agen pemasaran yang berdedikasi untuk membantu Anda menyusun strategi pemasaran digital dengan inovasi dan kreativitas yang berbasis data. Dengan begitu, brand Anda bisa tumbuh dan berkembang di era digital ini. 

emagineer adalah aplikasi dari PT Elektronik Distribusi Otomatisasi (eDOT). emagineer menawarkan solusi KOL Management, Marketing Strategy, E-Commerce Enabler dan masih banyak lagi. Kunjungi website emagineer dan dapatkan tawaran konsultasi gratis untuk pengelolaan media sosial Anda.