article image

Cepat & Efektif! Buat Customer Group Tepat Sesuai Kebutuhan

16 Sep 2025

Penulis Tim eDOT

Mengelompokkan pelanggan secara manual memakan waktu dan rawan kesalahan, apalagi jika jumlah konsumen terus bertambah. Tanpa segmentasi yang tepat, strategi pemasaran dan penjualan bisa jadi kurang efektif.

Fitur New Customer Group Menu di eSuite hadir untuk mempermudah proses ini. Dengan pengaturan aturan (rules) dan filter yang jelas, sistem akan mengelompokkan konsumen secara otomatis berdasarkan transaksi, tanggal bergabung, kategori produk, dan parameter lain yang Anda tentukan.

Langkah-langkah New Customer Group Menu 

1. Masuk ke Modul Customer Group

  • Login ke eSuite.

  • Buka modul Customer Group.

  • Di menu ini, Anda dapat membuat dan mengelola grup pelanggan sesuai kebutuhan.

2. Menambahkan Customer Group Baru

  • Klik opsi Tambah Customer Group Baru.

  • Beri nama grup, misalnya: Microshared.

  • Sesuaikan aturan (rules) yang ingin diterapkan.

3. Mengatur Transaction Rules

  • Aktifkan Enable Schedule Database Update untuk pembaruan otomatis.

  • Tentukan interval pembaruan (contoh: harian, mingguan).

  • Tentukan periode mulai hingga selesai pembaruan.

  • Sistem akan otomatis menambahkan pelanggan yang memenuhi aturan dan mengeluarkan yang tidak sesuai.

4. Menentukan Rules untuk Customer Group

Pilih aturan sesuai kebutuhan, misalnya:

  • Transaction Amount: Jumlah transaksi minimal & maksimal.

  • Average Transaction Amount: Kisaran rata-rata nilai transaksi.

  • Transaction Count: Jumlah transaksi yang dilakukan.

Tambahkan filter tambahan seperti:

  • Select Filters by OEM: Berdasarkan jenis pembelian, produk, merek, kategori, atau varian.

  • Transaction Date: Berdasarkan tanggal transaksi atau tanggal registrasi pelanggan.

5. Menyimpan dan Mengelola Customer Group

  • Setelah semua aturan diatur, klik Simpan.

  • Data pelanggan akan otomatis dikelompokkan sesuai aturan yang telah ditentukan.

6. Fungsi Customer Group Automation

Dengan pengaturan ini, Anda dapat membuat grup berdasarkan:

  • Pola transaksi

  • Tanggal bergabung (join date)

  • Kategori produk, merek, atau varian tertentu

  • Kebutuhan bisnis spesifik lainnya

7. Selesai

Proses pengelompokan kini berjalan otomatis sesuai aturan yang telah dibuat, sehingga segmentasi pelanggan lebih efisien.

Sebagai tambahan untuk mendapatkan hasil segmentasi yang maksimal, sebaiknya aturan transaksi digunakan secara cermat agar pelanggan potensial bisa teridentifikasi dengan tepat. Database juga perlu diperbarui secara berkala agar daftar anggota grup selalu relevan dengan kondisi terbaru. 

Fitur New Customer Group Menu di eSuite akan membantu semua hal tersebut terutama dalam mempermudah segmentasi pelanggan dengan otomatisasi berbasis aturan dan filter yang fleksibel. Dengan segmentasi yang tepat, strategi penjualan dan pemasaran menjadi lebih terarah, sehingga peluang meningkatkan penjualan pun semakin besar.

logo rounded whatsapp