Tak bisa dimungkiri bahwa semua pelaku bisnis pasti ingin mendapatkan loyalitas dari pembelinya. Salah satu cara yang sampai sekarang terbukti efektif adalah dengan mengadakan customer reward program.
Menariknya, program ini tak hanya dijalankan oleh pebisnis besar, tetapi juga pebisnis skala menengah. Mengingat banyaknya pebisnis yang menjalankan program ini, tentu Anda perlu mengupayakan program yang unik dan berpotensi besar memenangkan hati pelanggan.
Jika Anda ingin menjalankan customer reward program yang efektif dan menguntungkan, simak panduannya di bawah ini!
Apa Itu Customer Reward Program?
Customer reward program adalah sebuah program penghargaan dari perusahaan atau merek kepada pelanggan yang telah loyal terhadap produknya. Penghargaan dapat berbentuk diskon, loyalty point, produk gratis, akses eksklusif ke produk baru, dan lain-lain.
Pada umumnya, customer reward diberikan apabila pelanggan telah berkontribusi aktif dalam membangun brand image, bisa dengan merekomendasikan produk kepada teman, membagikan konten media sosial, dan sebagainya.
Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan Tanpa Menguras Anggaran
Manfaat Memberikan Customer Reward
Secara sederhana, customer reward merupakan pemberian hadiah untuk pelanggan. Namun, program ini ternyata berpotensi mendatangkan beragam manfaat, bukan hanya bagi pelanggan, namun juga bagi merek. Berikut ini manfaat customer reward program yang perlu Anda pahami:
1. Meningkatkan Customer Retention
Retention atau retensi sendiri bermakna menyimpan atau menahan. Jadi, customer retention mengacu pada kemampuan perusahaan untuk membuat pelanggan kembali membeli produknya dan tidak beralih pada produk kompetitor.
Reward menjadi media yang tepat untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian ulang, terutama di industri yang persaingannya cukup tinggi. Alih-alih sibuk menggaet pelanggan baru, Anda bisa memanfaatkan reward untuk mempertahankan pelanggan lama.
2. Memperkuat Loyalitas Pelanggan
Berbeda dengan retensi yang cenderung bersifat rasional, loyalitas pelanggan lebih mengarah pada aspek emosional. Penghargaan bisa menjadi media untuk membangun ikatan emosional antara merek dan pelanggan.
Dengan memberikan penghargaan, perusahaan bisa menunjukkan kepedulian dan penghargaan pada pelanggan sehingga mereka merasa puas dan rela bertahan meski tersedia banyak alternatif lain. Itulah alasan mengapa bisnis harus memberikan reward kepada pelanggan.
3. Mendapatkan Agen Pemasaran Andal
Dari poin pertama dan kedua, bisa disimpulkan bahwa customer reward akan mendatangkan kepuasan pelanggan terhadap merek. Dengan ini, pelanggan berpotensi besar untuk menyampaikan perasaan tersebut secara lisan sehingga memicu ketertarikan orang lain.
Hal ini mungkin lebih dikenal dengan teknik marketing word of mouth. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa reward menjadi cara yang cukup efektif untuk merekrut agen pemasaran andal bagi produk Anda.
4. Memperkaya Database Pelanggan
Jika ingin menjalankan customer reward program, Anda bisa meminta pelanggan untuk mengisi data tertentu. Melalui data tersebut, Anda bisa memahami perilaku pembelian dan preferensi pelanggan.
Dengan demikian, database pelanggan akan lebih lengkap dan bisa menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan strategi pemasaran dan pembuatan keputusan di masa depan.
5. Membangun Brand Awareness
Brand awareness (kesadaran merek) menunjukkan sejauh mana konsumen mengenali merek. Indikator ini menjadi langkah awal sebelum seseorang tertarik membeli produk.
Salah satu alasan besar mengapa kita harus memberikan reward kepada pelanggan adalah karena pemberian reward, terlebih dengan format yang unik, akan meningkatkan exposure merek secara signifikan.
Jenis Customer Reward
Faktanya, customer reward dapat diberikan dalam beragam format. Jika Anda berencana menjalankannya, berikut ini jenis-jenis customer reward yang bisa Anda pilih:
- Hadiah bertingkat: Pemberian reward didasarkan pada tingkat keterlibatan atau jumlah pembelian pelanggan. Misalnya, pelanggan yang membeli dengan nominal tertinggi akan mendapatkan reward terbesar.
- Program VIP: Memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk mengakses fasilitas eksklusif, seperti menghadiri event rutin merek atau mendapatkan produk baru sebelum resmi dirilis ke pasar.
- Loyalty point: Pelanggan bisa mengumpulkan poin dalam kurun waktu tertentu, lalu menukarkannya dengan benefit, seperti layanan tambahan gratis, gift voucher, diskon di pembelian berikutnya, dan sebagainya.
- Gamified rewards: Pelanggan bisa mendapatkan hadiah setelah menyelesaikan challenge yang diadakan oleh perusahaan.
- Customize produk: Memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk mengkustomisasi produk sesuai keinginan pribadi. Misalnya, sebuah merek fashion memberikan hadiah pada pelanggan setia untuk mendesain dress dengan warna dan model yang disukai.
- Program referral: Reward kepada pelanggan yang merekomendasikan produk pada orang lain, baik secara langsung maupun melalui media online.
Baca juga: Program Referral eDOT 2024: Raih Komisi 20%
Tips Memberikan Customer Reward
Agar pemberian customer reward bisa mendatangkan manfaat positif bagi merek Anda, pastikan untuk merencanakan dan mengeksekusinya secara cermat. Berikut ini sejumlah tips yang perlu Anda perhatikan saat memberikan customer reward:
- Tetapkan tujuan yang jelas sejak awal: Bisa untuk meningkatkan jumlah referensi, retensi, atau brand awareness.
- Pahami profil pelanggan: Misalnya dengan mencari tahu profil diri, seperti usia dan domisili, ataupun perilaku pembelian sebelumnya. Hal ini akan membantu Anda memilih reward yang tepat dan relevan dengan kebutuhan atau preferensi pelanggan.
- Pilih reward yang menguntungkan kedua pihak: Terutama pastikan reward yang dipilih tidak mengurangi margin secara signifikan.
- Susun program yang mudah dipahami: Pastikan prosedur program tidak rumit dan persyaratannya tidak terlalu sulit untuk dipenuhi. Hal ini akan lebih mendorong keterlibatan pelanggan, bahkan mungkin mengajak orang lain untuk mengikutinya.
- Lakukan pengujian dan evaluasi: Pengujian dilakukan untuk memastikan program dapat berjalan sesuai rencana, sedangkan evaluasi adalah untuk menilai tingkat keberhasilan program.
Itu tadi penjelasan mengenai customer reward program yang bisa dijadikan panduan untuk mengembangkan merek Anda. Dengan eksekusi yang tepat dan sistematis, customer reward program berpotensi besar mendatangkan dampak positif bagi eksistensi merek jangka panjang.
Guna memudahkan berjalannya program ini, eDOT menghadirkan emitra, yaitu platform loyalty program berbasis e-commerce. Anda sebagai principal dapat menentukan target pada retailer atau distributor yang terdaftar di emitra. Nantinya, mereka yang mampu mencapai target tersebut, berhak mendapatkan cashback, diskon, atau reward menarik lainnya.
Namun, emitra bukan hanya solusi untuk menjalankan loyalty program, melainkan juga e-commerce B2B yang menghubungkan distributor dan pihak retail untuk mengefisienkan pembelian dan penjualan produk.
Melalui emitra, proses pemesanan berjalan lebih mudah, cepat, dan bisa dilacak secara real-time. Menariknya lagi, Anda akan mendapatkan harga terbaik jika memanfaatkan platform ini.
Jadi, jangan tunda lagi! Dapatkan penawaran menarik dari kami dan rasakan perubahan positif yang signifikan pada penjualan Anda!
Baca juga: E-Commerce B2B: Fungsi, Fitur, Jenis dan Contohnya Lengkap!