Pemahaman tentang periklanan (advertising) masih belum merata di kalangan banyak orang. Beberapa orang bahkan menganggapnya sama dengan marketing, padahal keduanya berbeda.
Advertising adalah sebuah bentuk komunikasi yang digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka kepada khalayak ramai.
Tujuan utama dari periklanan adalah untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek sehingga orang lebih mengenal produk atau layanan yang ditawarkan.
Selain itu, iklan juga berfungsi untuk menarik perhatian lebih banyak pelanggan yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan, produktivitas sales, dan pertumbuhan bisnis.Lalu, sebenarnya apa itu advertising? Untuk menemukan jawaban lengkapnya, simak artikel ini.
Apa itu Advertising?
Advertising adalah usaha untuk meyakinkan orang agar melakukan sesuatu, seperti membeli produk atau menggunakan layanan.
Tujuannya bisa untuk membuat orang lebih sadar tentang suatu merek, menarik pelanggan, mempromosikan produk baru, atau membuat produk berbeda dari yang lain.
Meskipun mirip dengan marketing, advertising fokus pada membuat pesan yang menarik, sementara marketing adalah keseluruhan strategi untuk membuat orang tahu dan tertarik dengan produk atau merek. Jadi, advertising adalah bagian dari marketing.
Jenis Advertising
Iklan dalam bisnis bertujuan menarik pelanggan baru dengan menargetkan pasar tertentu melalui kampanye yang efektif. Agar lebih luas, perusahaan biasanya menggunakan berbagai jenis advertising. Ada banyak jenis advertising yang perlu dipahami sebagai berikut.
1. Periklanan Online
Periklanan online adalah jenis iklan yang disampaikan melalui internet, yang populer dan efektif dalam beberapa tahun terakhir. Iklan ini memungkinkan bisnis untuk menargetkan pasar berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, dan lainnya.
Biaya periklanan juga lebih murah dibandingkan periklanan lainnya. Beberapa contoh iklan online yang sering digunakan adalah Instagram Ads, YouTube Ads, Facebook Ads, dan Google Ads.
2. Iklan Media Cetak
Periklanan media cetak adalah iklan yang ada di majalah, koran, brosur, poster, direktori, atau selebaran. Meskipun tidak sepopuler iklan online, jenis iklan ini masih digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan.
Biasanya, bisnis lokal menggunakan media cetak untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di sekitar mereka.
Baca juga: Strategi Digital Marketing dan Tren FMCG Indonesia 2024
3. Iklan Televisi
Sebelum adanya era digital, iklan televisi adalah cara utama perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan.
Banyak perusahaan besar menggunakannya untuk menjangkau pasar yang luas. Meskipun sekarang banyak yang beralih ke digital marketing, iklan televisi masih tetap efektif dan banyak digunakan oleh perusahaan besar.
4. Iklan Outdoor
Iklan outdoor adalah iklan yang menjangkau pelanggan saat mereka berada di luar rumah. Salah satu contohnya adalah billboard yang sering kita lihat di jalan.
Walaupun ada banyak jenis iklan lainnya, iklan outdoor seperti billboard tetap efektif untuk mempromosikan produk atau layanan.
5. Penempatan Produk
Penempatan produk atau product placement adalah cara mempromosikan produk secara tidak langsung melalui film, sinetron, web series, atau konten lainnya.
Iklan ini disebut iklan terselubung karena produk muncul di dalam adegan tanpa dijelaskan secara langsung. Contohnya, dalam sebuah film, ada produk yang terlihat di layar, tapi tidak ada penjelasan khusus tentang produk tersebut.
Fungsi Advertising
Terdapat beberapa fungsi advertising yang perlu Anda ketahui, mulai dari sebagai sarana informasi hingga sarana kontrol. Berikut adalah penjabarannya.
- Iklan memberikan informasi lengkap tentang produk, tempat beli, dan cara mendapatkan produk sehingga membantu orang memilih yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
- Periklanan membantu perekonomian dengan membuat produsen terus memproduksi dan menjual produk untuk memenuhi permintaan pasar yang terus berkembang.
- Iklan membuat biaya produksi dan distribusi lebih murah sehingga harga produk bisa lebih terjangkau untuk masyarakat.
- Iklan juga menjadi sumber dana bagi media membantu mereka tetap beroperasi dan bersaing.
- Iklan membantu orang mengenal siapa yang memproduksi suatu barang dan merek perusahaan tersebut.
- Iklan memudahkan orang membedakan produk asli dengan yang palsu sehingga mereka bisa mendapatkan produk yang berkualitas.
Baca juga: 8 Faktor dan 7 Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Manfaat Advertising
Terdapat beberapa manfaat advertising, mulai dari alat untuk promosi hingga sebagai perbandingan dengan kompetitor. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.
1. Sebagai Alat Untuk Promosi
George Felton mengatakan bahwa tujuan utama iklan adalah untuk memberi tahu orang bahwa perusahaan Anda punya sesuatu yang menarik untuk ditawarkan.
Agar iklan efektif, kontennya harus mencakup informasi lengkap, seperti siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana, seperti dalam sebuah berita.
2. Meningkatkan Kesadaran Pelanggan
Advertising membantu perusahaan membuat audiens lebih sadar dan mengerti manfaat produk atau layanan.
Contohnya, iklan di bidang kesehatan yang menunjukkan masalah kesehatan yang sama dengan yang dialami pemirsa, lalu memberikan solusi pengobatan yang bisa didiskusikan dengan dokter.
3. Sebagai Perbandingan dengan Kompetitor
Menurut Gerald Tellis, advertising bisa mendorong konsumen untuk membandingkan produk atau jasa perusahaan dengan pesaingnya.
Contohnya, iklan produk pembersih rumah tangga yang menunjukkan perbedaan secara visual, seperti produk mana yang lebih cepat dan efektif menghilangkan noda.
Tips Advertising
Untuk membuat advertising yang efektif, ada beberapa cara yang bisa membantu pesan Anda lebih mudah diterima oleh audiens. Berikut ini beberapa tips advertising yang bisa diaplikasikan pada konten Anda.
- Gunakan Storytelling: Cerita dalam iklan bisa membuat pesan lebih menarik dan memengaruhi orang untuk melakukan tindakan yang diinginkan oleh perusahaan.
- Sasar Emosi Audiens: Membuat iklan yang membangkitkan emosi, seperti kebahagiaan atau kesedihan dapat memengaruhi keputusan orang untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.
- Fokus pada Manfaat: Iklan yang efektif lebih baik fokus pada manfaat yang didapat konsumen, bukan hanya menjelaskan fitur produk.
- Pilih Saluran yang Paling Sesuai: Pilih saluran iklan yang tepat berdasarkan siapa audiens Anda agar pesan iklan bisa lebih efektif dan memberikan dampak yang besar.
Demikian penjelasan mengenai advertising, mulai dari definisi hingga tipsnya. Dalam bisnis, advertising adalah hal yang cukup penting karena bisa membantu memperkenalkan produk atau layanan kepada khalayak yang lebih luas serta meningkatkan kesadaran merek.
Dengan strategi iklan yang tepat, bisnis dapat memperkuat posisi mereka di pasar dan meningkatkan penjualan.
Nah, emagineer hadir untuk membantu bisnis Anda dalam menciptakan kampanye pemasaran digital yang inovatif, menggabungkan kreativitas dan data untuk mencapai hasil yang efektif.
Kami menawarkan berbagai layanan, seperti manajemen KOL, strategi pemasaran, serta fasilitator e-commerce & TikTok Shop Live Stream.
Dengan tim yang berpengalaman dan telah bekerja sama dengan perusahaan teknologi terkemuka, emagineer siap memberikan solusi pemasaran digital yang efektif dan inovatif.
Apabila Anda tertarik, silahkan hubungi kami untuk informasi selengkapnya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera bawa bisnis Anda ke level selanjutnya dengan emagineer.
Baca juga: Strategi Digital Marketing: Jenis & Cara Efektif!