Algoritma TikTok adalah sebuah mekanisme sistem dalam media sosial TikTok yang secara otomatis memilih video-video yang ditampilkan kepada pengguna. Fitur ini membuat pengalaman menonton konten di media sosial menjadi lebih terpersonalisasi dan lebih dekat dengan hati pengguna.
Selain menjadi platform media sosial, TikTok juga menjadi marketplace banyak orang untuk berbelanja. Jika Anda kebetulan mempunyai toko di sana, lakukan juga optimasi TikTok Shop dan tingkatkan konten secara profesional.
Untuk itu simak pemaparan di bawah ini agar TikTok Anda bisa sejalan dengan algoritma TikTok yang ada.
Apa Itu Algoritma TikTok?
Mungkin beberapa dari Anda masih belum begitu memahami tentang apa itu algoritma TikTok. Algoritma TikTok adalah sebuah sistem yang menentukan video-video mana yang harus ditampilkan kepada pengguna.
Sistem algoritma TikTok bekerja berdasarkan informasi yang diterima dari pengguna, seperti riwayat pencarian, akun yang diikuti, lokasi, dan lain-lain.
Algoritma tiktok adalah sebuah sistem pintar yang memahami preferensi konten seperti apa yang disukai oleh pengguna. Dengan begitu, konten-konten yang ditampilkan lebih relevan dan lebih dekat di hati pengguna.
Bagi Anda yang bergelut di bidang content creator, memahami algoritma ini berguna untuk meningkatkan traffic dan engagement konten.
Cara Kerja Algoritma TikTok
Seperti yang telah dijelaskan di atas, algoritma TikTok adalah sebuah sistem yang bekerja dengan melakukan analisis berbagai data pengguna untuk menentukan rekomendasi konten yang harus ditonton.
Cara kerja algoritma TikTok adalah dengan melihat beberapa faktor, seperti komentar dan likes pengguna, akun-akun yang diikuti pengguna, durasi menonton sebuah konten, dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya, lihat penjelasan di bawah ini.
1. Engagement Pengguna
Algoritma TikTok memperhatikan seberapa sering pengguna berinteraksi dengan konten tertentu, seperti memberi like, berkomentar, atau membagikan video. Semakin sering interaksi ini dilakukan, semakin besar juga video tersebut direkomendasikan di laman “For you” orang lain.
2. Keyword dan Hashtag
Keyword dan hashtag digunakan algoritma untuk mengetahui topik dan isi konten yang Anda buat. Dengan begitu, konten yang Anda buat bisa dikelompokkan bersama konten-konten lainnya yang satu pembahasan . Keyword dan hashtag juga berperan untuk membantu pengguna untuk menemukan konten Anda.
3. Durasi Menonton
Durasi menonton juga adalah salah satu faktor engagement yang penting bagi algoritma TikTok. Algoritma mencatat seberapa lama pengguna menonton video Anda. Video yang ditonton hingga selesai biasanya dianggap menarik dan relevan. Sebaliknya video yang tidak ditonton sampai selesai dianggap kurang menarik.
4. Frekuensi Aktivitas Posting
Algoritma TikTok akan menandai akun-akun yang sering mengunggah konten sebagai akun-akun aktif. Akun-akun ini cenderung mendapatkan eksposur lebih banyak. Hal ini dirancang agar kreator di TikTok selalu berinovasi untuk menghasilkan konten-onten terbaik bagi pengguna.
5. Bahasa dan Localization
Cara kerja algoritma TikTok yang terakhir adalah dengan mempertimbangkan lokalisasi bahasa. Algoritma TikTok juga melihat bahasa, lokasi, serta dialek lokal bahasa Anda untuk membuat rekomendasi video. Hal ini bertujuan untuk membuat pengguna lebih mudah menemukan video dengan budaya dan bahasa yang sama.
Baca juga: Ini Cara Berjualan di TikTok Shop Untuk Pemula
Strategi Membuat Konten agar Dilirik Algoritma TikTok
Algoritma TikTok 2025 tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Anda masih harus menyusun strategi agar konten yang susah payah Anda buat bisa lebih mudah ditemukan.
Kualitas konten, isi, dan metode promosi konten masih jadi langkah yang harus Anda kerjakan. Simak tips-tips di bawah ini untuk lebih jelasnya!
1. Sempurnakan Kualitas Gambar
Kualitas gambar yang bagus membuat pengguna lebih mau untuk menonton video sampai habis. Hal ini akan meningkatkan rating konten Anda di mata algoritma yang lebih berpihak kepada video dengan durasi tonton yang banyak. Oleh karena itu, gunakan kamera dan teknik editing video yang profesional.
2. Optimalkan Substansi Konten
Konten-konten di TikTok tidak hanya berisi hiburan ringan yang mudah terlupakan. Konten yang mempunyai nilai tambah, seperti konten tutorial, argumen, pendapat, inspirasi, atau cerita singkat akan lebih diminati pengguna.
Dengan begitu, durasi tonton dan engagement konten akan meningkat dan algoritma TikTok bisa mudah melirik akun Anda.
3. Sesuaikan Durasi Video
TikTok adalah sebuah platform media sosial yang mempunyai spesialisasi khusus di video pendek yang langsung menjurus ke inti. Gunakan durasi pendek ini untuk membuat konten-konten menarik tanpa harus membahas sesuatu yang mendalam. Jadikan setiap detik di konten Anda mempunyai nilai lebih.
4. Selalu Tambahkan CTA atau Interaksi di Konten
Menggunakan CTA (call to action) dalam video, seperti mengajak untuk follow, like, share, atau berkomentar, akan mendorong algoritma untuk lebih memperhatikan konten Anda. Pengguna juga akan lebih merasa diperhatikan, yang akhirnya akan membuat konten Anda lebih disukai banyak orang.
5. Pahami Tren Media Sosial yang Sedang Terjadi
Semua platform media sosial yang ada saat ini sangatlah dinamis, tak terkecuali TikTok. Tren bisa terus berganti setiap waktu. Anda tak perlu membuat konten yang seragam dengan konten-konten lainnya. Anda bisa mengikuti tren dengan cara menggunakan musik atau efek yang sedang viral saja.
6. Fokuslah pada Niche yang Kamu Minati dan Pahami
Niche adalah pilihan topik yang menjadi fokus utama dalam akun TikTok Anda. Memilih niche yang spesifik akan memudahkan pengguna untuk mengingat-ingat akun Anda dengan topik–topik tertentu. Kualitas konten yang Anda produksi nantinya juga akan lebih otentik, relevan, dan berkualitas tinggi.
Baca juga: Ini Jadwal dan Jam FYP TikTok 2025 serta Tips Agar Viral!
Demikian penjelasan tentang apa itu algoritma TikTok, cara kerja, serta beberapa strategi agar konten Anda lebih silirik dan muncul lebih sering di halaman FYP. Untuk itu, Anda bisa terus mengikuti perkembangan algoritma TikTok yang berganti seiring berjalannya waktu.
Anda ingin page TikTok brand dan perusahaan Anda ramai pengunjung? Ayo bekerja sama dengan emagineer! emagineer adalah agen pemasaran yang berdedikasi untuk membantu Anda menyusun strategi pemasaran digital dengan inovasi dan kreativitas yang berbasis data.
emagineer memberikan layanan KOL Management, Marketing Strategy, E-Commerce Enabler dan layanan-layanan lainnya untuk membantu brand Anda tumbuh di era digital ini. emagineer adalah produk inovasi brilian dari PT Elektronik Distribusi Otomatisasi (eDOT). Ayo buka website emagineer dan nikmati konsultasi gratis sekarang juga!
Baca juga: 10 Cara Efektif Membuat Konten Menarik di Media Sosial