Brand marketing adalah langkah-langkah untuk memasarkan sebuah brand kepada pelanggan. Sebuah brand tetap harus melalui proses pemasaran meskipun kualitasnya produknya sudah sangat bagus. Proses pemasaran ini akan membentuk citra brand di mata konsumen, yang akhirnya membuatnya diminati oleh banyak orang.
Membentuk strategi brand marketing membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang brand purpose dan target pembeli.
Dalam menyusunnya, Anda bisa membuat buyer persona untuk memudahkan Anda memahami target pembeli. Menarik, bukan? Simak selengkapnya di artikel ini.
Apa itu Brand Marketing?
Mungkin Anda masih bingung dengan apa itu brand marketing. Brand marketing adalah sebuah strategi pemasaran untuk memperkuat citra dan nilai-nilai yang ingin disampaikan oleh sebuah merek.
Cara ini membutuhkan teknik storytelling yang jitu dalam membangun hubungan emosional dengan target pasar bisa terbangun. Pendekatan ini akan menghasilkan konsumen yang loyal.
Tujuan Brand Marketing Bagi Perusahaan
Tujuan akhir dari brand marketing tidak melulu berkutat pada peningkatan sales. Pemasaran merek memiliki tujuan utama untuk membentuk brand image yang positif di mata target pasar.
Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk mendengar masukan dan saran konsumen untuk membuat produk menjadi lebih baik. Simak tujuan-tujuan lainnya berikut ini.
1. Membentuk Brand Value
Brand marketing dilakukan untuk menciptakan brand value atau persepsi positif terhadap merek Anda.
Value ini bisa berupa apa saja, mulai dari keunggulan kualitas, keunikan tertentu, hingga representasi merek terhadap sebuah sikap. Brand value yang dipasarkan dengan efektif akan meningkatkan daya tarik merek di mata konsumen.
2. Membangun Hubungan dengan Konsumen
Melalui pemasaran brand, perusahaan Anda dapat menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan para konsumen.
Hubungan ini bisa menghasilkan komunikasi yang rutin, transparan, relevan dengan nilai-nilai yang dianut brand tersebut. Dengan begitu, loyalitas konsumen bisa terbentuk secara alami.
Baca juga: Loyalty Program: Pengertian, Manfaat, & Tips Praktisnya!
3. Mengubah Konsumen Setia Menjadi Brand Advocate
Pemasaran sebuah merek juga memungkinkan konsumen untuk menjadi brand advocate dengan sukarela.
Hal ini dikenal sebagai kekuatan word of mouth dalam dunia marketing. Di sini, para brand advocate merekomendasikan produk Anda kepada keluarga dan teman-teman secara cuma-cuma tanpa ada yang menyuruh.
Baca juga: Leads Management System: Fungsi, Manfaat, dan Rekomendasi!
4. Membentuk Citra Brand yang Positif di Mata Konsumen
Pemasaran brand yang sukses akan membentuk citra brand yang positif. Reputasi ini harus dipertahankan dengan tetap terus menjaga kualitas produk dan layanan.
Anda juga masih bisa memperkuat reputasi brand Anda dengan kampanye-kampanye pemasaran yang diadakan dengan rutin.
5. Meningkatkan Sales
Salah satu tujuan akhir dari brand marketing adalah peningkatan angka sales. Penjualan yang meningkat akan menjadi imbas dari pemasaran yang dilakukan dengan efektif.
Jika hal ini terjadi, dapat dikatakan Anda sudah berhasil merebut hati konsumen Anda dengan teknik-teknik branding yang brilian.
Strategi Memaksimalkan Brand Marketing
Brand marketing adalah strategi pemasaran yang membutuhkan riset yang cukup mendalam. Untuk melakukannya, Anda harus memahami betul merek dan produk yang Anda pasarkan, kebutuhan target pasar, bahkan perasaan target pasar ketika mencoba produk Anda. Simak lebih lanjut untuk memahaminya.
1. Pahami Brand Purpose secara Mendalam
Brand purpose adalah alasan dibuatnya merek yang akan Anda pasarkan. Alasan-alasan ini melampaui tujuan penjualan dan lebih menyentuh sisi problem solving dari brand Anda.
Pahami dengan benar alasan-alasan ini agar hasil kampanye marketing Anda terasa jujur, terbuka, dan otentik. Dengan begitu, komunikasi dengan target pasar akan terasa lebih emosional.
2. Lakukan Riset Audiens dan Target Pasar
Setelah brand purpose sudah Anda pahami, langkah selanjutnya adalah riset target pasar. Langkah ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan, preferensi, perilaku, serta perasaan target pasar ketika memandang brand Anda. Dengan begitu, kampanye marketing yang dihasilkan akan lebih tepat sasaran.
3. Lakukan Riset Kompetitor
Selain brand purpose dan target pasar, jangan lupa untuk mengecek kompetitor brand tandingan juga.
Dengan melakukan riset kompetitor, Anda bisa memahami selling point apa yang dimiliki oleh brand lawan dan menemukan cara untuk membedakan diri dan memberi nilai tambah yang lain.
4. Buatlah Koneksi dengan Cerita
Melalui storytelling, Anda bisa terhubung secara emosional dengan target pasar Anda. Berbagai nilai dan visi yang dianut sebuah brand juga bisa dipasarkan secara menarik dan relevan kepada konsumen.
Storytelling harus dibuat secara jujur dan terbuka, sehingga kampanye pemasaran menjadi autentik dan inspiratif.
5. Buat Brand Guidelines
Brand guidelines digunakan sebagai pedoman bagaimana merek Anda harus ditampilkan di berbagai media.
Brand guidelines umumnya mencakup logo, warna, tipografi, nada komunikasi, pemilihan diksi dan tema, dan lain-lain. Pedoman ini harus dibuat secara konsisten untuk membantu konsumen mengenali produk Anda.
Jadi, demikianlah apa itu brand marketing, tujuan pemasaran brand, hingga beberapa strategi untuk memaksimalkan brand marketing. Sebuah brand memiliki cerita khusus di baliknya yang dirancang untuk bisa terkoneksi dengan target pasar.
Meskipun tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan angka penjualan, brand marketing juga berfungsi untuk membentuk citra brand yang positif, sehingga target pasar menyukainya.
Brand marketing yang proses-prosesnya dieksekusi dengan baik akan membentuk komunitas konsumen yang setia.
Mengeksekusi strategi brand marketing membutuhkan keterhubungan antara perusahaan dan audiens. Dalam hal ini, Anda dapat mengandalkan emagineer by eDOT.
emagineer adalah agensi pemasaran yang membantu memperluas jangkauan pemasaran brand Anda sehingga bisa lebih dikenal.
emagineer menawarkan beberapa layanan pemasaran digital seperti KOL Management, Talent Management, Campaign Strategy and Planning, dan Content Creation. Nikmati jangkauan marketing yang lebih luas dengan layanan-layanan terbaik untuk perusahaan Anda.
emagineer adalah inovasi PT Elektronik Distribusi Otomatisasi (eDOT) yang sudah berpengalaman dalam melakukan pemasaran berbagai bidang, seperti gaming, FMCG, dan telekomunikasi.
Kunjungi website kami dan dapatkan konsultasi gratis untuk kebutuhan strategi brand marketing bisnis Anda.
Baca juga: Strategi Digital Marketing: Jenis & Cara Efektif!