Omzet adalah pendapatan yang dihasilkan oleh sebuah usaha dalam periode tertentu. Dari data omzet, Anda bisa melihat daya tarik produk dan jumlah transaksi.
Mendapatkan omzet yang tinggi adalah idaman semua pelaku usaha. Namun, bagaimana cara meningkatkan omzet penjualan? Artikel ini membahas seluk-beluk strategi meningkatkan omzet penjualan bagi bisnis. Jadi, simak informasinya berikut ini!
Apa Itu Omzet?
Sebelum membahas cara meningkatkan omzet penjualan, mari pelajari dahulu apa itu omzet dan cara menghitungnya.
Omzet penjualan adalah pendapatan usaha yang dihasilkan dari penjualan produk/jasa selama jangka waktu tertentu. Omzet adalah salah satu indikator keberhasilan sebuah bisnis dalam menjalankan proses operasional. Bahkan, omzet dapat dilihat sebagai keuntungan kotor.
Meski begitu, omzet berbeda dengan profit. Omzet adalah pendapatan kotor dari proses transaksi produk/jasa. Sementara itu, profit adalah pendapatan bersih yang dihasilkan setelah dikurangi oleh biaya operasional.
Untuk mendapatkan angka omzet, Anda bisa mengalikan harga jual dengan jumlah produk/jasa yang terjual. Lalu, untuk mendapatkan data profit, Anda bisa mengurangi total biaya (produksi, sewa, dan lain-lain) dengan omzet.
Perbedaan lainnya yang mencolok antara omzet dan profit adalah pencatatannya. Omzet dicatat di laporan arus kas dan laporan penjualan, sedangkan profit dicatat di laporan laba rugi.
Yang paling penting untuk diketahui adalah omzet dapat mengindikasikan volume transaksi dan daya tarik bisnis di pasaran. Sementara itu, profit mengindikasikan efektivitas pengelolaan biaya serta kesehatan keuangan perusahaan.
Baca juga: Panduan Lengkap Sales Management Serta Strategi Efektifnya!
Cara Meningkatkan Omzet Penjualan
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, omzet dapat menjadi indikator daya tarik bisnis di pasar serta seberapa banyak penjualan yang masuk di jangka waktu tertentu. Untuk bisa meningkatkan omzet penjualan, berikut adalah beberapa strateginya:
1. Melakukan Riset Pasar
Untuk bisa meningkatkan daya tarik produk/jasa, Anda perlu memastikan bahwa target pasar yang disasar tepat dan sesuai dengan bisnis. Anda bisa melihat kebutuhan target pasar, cara mereka berinteraksi, dan permasalahan apa yang mereka alami.
Dengan begitu, Anda bisa menyusun strategi pemasaran serta pengembangan produk yang tepat sasaran. Alhasil, pelanggan lebih memilih produk/jasa Anda dibandingkan kompetitor.
2. Membuat Target Penjualan
Cara selanjutnya adalah dengan membuat target penjualan yang terukur. Dengan adanya target penjualan, Anda bisa menyesuaikan strategi yang bisa dilakukan untuk mencapainya.
Misalnya, Anda bisa membuat target penjualan sekian produk dalam waktu 6 bulan. Dengan target tersebut, ekspektasi kenaikan omzet adalah sekian persen.
3. Memperluas Jangkauan Bisnis
Agar bisa meningkatkan omzet penjualan, Anda bisa mencoba untuk mengembangkan jangkauan bisnis. Sebagai contoh, Anda bisa membuka cabang di wilayah baru atau membuka online shop untuk bisnis saat ini.
Yang terpenting, pastikan Anda sudah menimbang dengan matang serta mempersiapkan strategi yang tepat untuk memperluas jangkauan bisnis agar tidak malah merugi.
4. Meningkatkan Kualitas Produk
Agar pelanggan tetap memilih bisnis Anda, pastikan untuk terus meningkatkan kualitas produk. Hal ini penting agar produk Anda tetap relevan dengan kebutuhan pelanggan serta dapat menjawab masalah mereka.
Anda juga bisa membuka sarana umpan balik melalui survei pelanggan untuk mengetahui testimoni pelanggan terhadap produk/jasa Anda serta area mana yang perlu ditingkatkan.
Baca juga: Manfaat Sales Force Automation Bantu Tingkatkan Penjualan!
5. Meningkatkan Layanan Pelanggan
Tidak hanya mengembangkan produk/jasa, Anda juga perlu meningkatkan layanan pelanggan agar mereka bisa terus memilih bisnis Anda dibandingkan kompetitor. Bahkan, mereka juga bisa merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain yang akhirnya bisa memperluas jangkauan bisnis Anda.
6. Menawarkan Produk yang Kompetitif
Anda tentunya akan bersaing dengan kompetitor yang menawarkan solusi serupa dengan Anda kepada pelanggan. Agar bisa “menang” di pasaran, pastikan Anda memahami kebutuhan pelanggan dan kondisi pasar.
Kemudian, lakukan analisis kompetitor untuk memahami produk dan layanan bisnis mereka. Lalu, kembangkan produk/jasa dengan menambahkan unique selling point sehingga tampak berbeda dan menonjol. Terakhir, jangan lupa untuk melakukan inovasi dan pengembangan produk agar tetap relevan dengan kebutuhan pasar.
7. Mengoptimalkan Strategi Pemasaran
Perkembangan teknologi yang semakin masif membuat media sosial kini bisa menjadi sarana pemasaran bisnis. Bahkan, pengguna media sosial di Indonesia meningkat 26% dibandingkan tahun 2024.
Jadi, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan bisnis. Misalnya, Anda bisa membuat akun Instagram bisnis resmi dan membuat video yang dipersonalisasi sesuai dengan target audiens.
8. Diversifikasi Produk
Diversifikasi produk/jasa juga bisa menjadi cara meningkatkan omzet penjualan. Di sini, Anda bisa menawarkan produk/jasa baru, memperluas jangkauan produk, memperluas pasar, atau menawarkan variasi produk.
Alhasil, pelanggan memiliki pilihan selama bertransaksi dengan bisnis Anda. Lalu, diversifikasi produk juga bisa mencapai pelanggan yang berbeda serta Anda bisa mengurangi ketergantungan pada satu produk/jasa.
Demikian informasi tentang cara meningkatkan omzet penjualan yang bisa Anda simak. Untuk bisa meningkatkan omzet penjualan, Anda juga perlu menganalisis produktivitas tim sales, apakah target kunjungan sudah sesuai.
Lalu, Anda juga perlu melihat berapa kunjungan yang menghasilkan pesanan. Dari sesi kunjungan tim sales tersebut, Anda juga bisa meminta survei pelanggan untuk mengembangkan bisnis.
Jangan khawatir, strategi analisis produktivitas tim sales tersebut bisa Anda lakukan dengan praktis dan akurat dengan ework dari eDOT. ework dapat membantu pertumbuhan penjualan dengan tools yang bisa mempercepat kerja tim Anda.
Yang paling penting, data yang disajikan real time sehingga Anda bisa membuat keputusan bisnis yang lebih strategis.
Jangan tunggu nanti! Dukung proses operasional yang efisien dan akurat untuk tumbuhkan omzet penjualan bersama ework! Hubungi kami sekarang untuk dapatkan penawarannya!
Baca juga: Jika Sales Tidak Mencapai Target, Coba Terapkan Strategi Ini!