Untuk mencapai kesuksesan, ada kalanya sebuah bisnis melakukan ekspansi. Ekspansi bisnis adalah strategi yang dilakukan perusahaan untuk memperluas jangkauan operasionalnya.
Lantas, mengapa ekspansi bisnis perlu dirancang dengan matang dan dilakukan dengan terencana? Artikel ini membahas seluk-beluk ekspansi bisnis dan strategi menerapkannya. Jadi, simak informasi selengkapnya berikut ini!
Apa Itu Ekspansi Bisnis?
Ekspansi bisnis adalah strategi perluasan bisnis untuk meningkatkan pertumbuhan dan menciptakan peluang yang lebih luas. Tentunya, hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Proses ekspansi bisnis harus dirumuskan dengan matang agar operasional tetap berjalan, arus kas tetap terjaga, dan jangkauan bisnis lebih luas. Dalam melakukan ekspansi bisnis, Anda mungkin akan menambah tenaga kerja, membuka cabang baru, meningkatkan strategi promosi, dan lain sebagainya.
Apabila tidak direncanakan dengan baik, proses ekspansi bisnis malah akan membebani keuangan bisnis, atau malah menghancurkan bisnis.
Secara umum, terdapat beberapa faktor yang bisa Anda pertimbangkan sebelum ekspansi bisnis, seperti sudah mendapatkan loyalitas pelanggan, dapat meningkatkan kapasitas produksi, memiliki arus kas positif, keuntungan yang didapatkan baik secara berturut-turut, kondisi pasar sedang berkembang, dan lain sebagainya.
Baca juga: Mengenal Bisnis F&B, Keuntungannya dan Tips Mengelolanya
Mengapa Ekspansi Bisnis Penting?
Ekspansi bisnis adalah strategi pengembangan bisnis yang umumnya dilakukan untuk alasan-alasan berikut:
1. Mempeluas Pangsa Pasar
Ekspansi bisnis adalah salah satu cara yang dilakukan untuk menjangkau lokasi yang lebih luas serta pasar baru sehingga Anda dapat mengakses lebih banyak pelanggan. Strategi ini juga dilakukan untuk meningkatkan brand awareness karena semakin banyak orang menyadari eksistensi bisnis Anda, semakin terbuka pula potensi mereka untuk menjadi pelanggan.
2. Meningkatkan Keuntungan
Salah satu tujuan utama ekspansi bisnis adalah meningkatkan keuntungan dengan menjangkau pasar baru. Dengan cara ini, Anda bisa memperluas margin keuntungan.
3. Mengurangi Risiko Kegagalan Bisnis
Ekspansi bisnis juga membantu Anda dalam diversifikasi risiko. Anda bisa mempelajari cara mengurangi risiko kegagalan bisnis pada wilayah tertentu.
4. Meningkatkan Efisiensi Operasional
Dengan membuka lebih banyak cabang, Anda bisa membuat rantai pasok efisien dan mengirim produk dengan cepat sampai ke pelanggan. Tidak hanya itu, pelanggan juga lebih mudah menjangkau bisnis Anda.
Jenis-Jenis Ekspansi Usaha
Terdapat berbagai macam ekspansi usaha yang bisa Anda terapkan sesuai dengan kondisi bisnis, di antaranya:
1. Akuisisi
Akuisisi bisnis adalah proses mengambil alih perusahaan lain dengan membeli sebagai aset atau saham perusahaan tersebut untuk meningkatkan pendapatan lewat kepemilikan sumber daya atau pasar.
Contoh ekspansi bisnis ini adalah ketika terdapat perusahaan yang mengakuisisi produsen bahan baku untuk mengurangi biaya pasokan bahan baku.
2. Joint Venture
Joint venture adalah jenis ekspansi usaha yang dilakukan dua perusahaan dengan cara patungan dalam membuat usaha baru. Joint venture dapat dimanfaatkan untuk menggunakan sumber daya yang ada dalam meningkatkan efisiensi operasional.
3. Waralaba
Waralaba atau franchise adalah proses membuka cabang baru secara independen. Artinya, seseorang dapat menggunakan brand sebuah bisnis sesuai dengan perizinan yang diberikan. Contoh waralaba adalah kedai es krim Mixue, serta restoran cepat saji McDonaldâs.
4. Membuka Cabang Baru
Membuka cabang baru adalah cara umum untuk melakukan ekspansi baru. Cara ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan brand awareness serta menjangkau lebih banyak pelanggan.
5. Kemitraan
Kemitraan juga menjadi pilihan ekspansi bisnis yang bisa diaplikasikan. Cara ini menggabungkan dua atau lebih perusahaan yang memiliki kesamaan visi dan misi serta tujuan bisnis.
Cara kerjanya adalah masing-masing perusahaan akan saling memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan bersama. Salah satu contoh kemitraan strategis adalah Uber dan Spotify yang menghasilkan layanan streaming musik untuk meningkatkan pengalaman pengendara Uber.
Baca juga: 9 Faktor Kunci Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Bisnis
Strategi Ekspansi Bisnis
Dalam melakukan ekspansi bisnis, Anda perlu merumuskannya secara matang karena Anda mungkin akan menggunakan sumber daya perusahaan. Jika kurang tepat sasaran, bukannya keuntungan yang didapat, tetapi risiko kegagalan yang lebih besar. Berikut adalah strategi ekspansi bisnis yang bisa dilakukan:
1. Mengevaluasi Bisnis
Sebelum melakukan ekspansi bisnis, Anda perlu mengevaluasi bisnis Anda terlebih dahulu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa faktor yang mengindikasikan bahwa bisnis Anda sudah siap untuk melakukan ekspansi.
Anda bisa memulai dari sana dan melihat apakah bisnis Anda sudah membuat keuntungan yang beruntun, memiliki loyalitas pelanggan, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui data-data tersebut, Anda tentunya membutuhkan teknologi yang memadai sehingga bisa membuat keputusan yang strategis.
Terkait ini, Anda bisa memanfaatkan platform Distribution Management System dan Sales Force Automation dari esuite dan ework. esuite dan ework adalah platform dari eDOT yang membantu Anda menyelaraskan serta mengintegrasikan data operasional, khususnya pada bagian penjualan.
Dengan menggunakan esuite dan ework, human error dapat diminimalkan sehingga data yang tersaji akurat dan real time. Data-data penjualan dan distribusi yang didapatkan dari kedua platform ini dapat dimanfaatkan untuk melihat sejauh mana perusahaan Anda berkembang serta siapkah untuk melakukan ekspansi bisnis.
2. Melakukan Riset Pasar
Ekspansi bisnis umumnya dilakukan untuk menjangkau pasar baru. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan riset pasar untuk memahami preferensi dan kebutuhan target pasar serta memahami persaingan bisnisnya.
3. Mempertahankan Reputasi dan Kualitas
Pastikan Anda memberikan produk atau layanan dengan kualitas terbaik dan konsisten seperti perusahaan utama. Hal ini tentu akan menjaga reputasi bisnis Anda di depan konsumen.
4. Mempersiapkan Sumber Daya
Tak kalah penting, sumber daya akan menjadi salah satu tonggak ekspansi bisnis. Pastikan Anda memiliki modal yang cukup, infrastruktur yang memadai, teknologi mutakhir, serta tenaga kerja yang kompeten.
Itulah informasi terkait ekspansi bisnis yang bisa Anda pelajari. Ekspansi bisnis adalah salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk menambah keuntungan. Namun, pastikan Anda mempersiapkannya dengan matang sebelum melakukan ekspansi.
Kemudian, pastikan bisnis Anda siap untuk melakukan ekspansi dengan mengandalkan data-data yang akurat. Data yang akurat didapatkan dari pemanfaatan teknologi yang mutakhir dan tepat guna. Terkait ini, Anda bisa menggunakan esuite dari eDOT.
esuite dapat membantu menyederhanakan berbagai tugas operasional, seperti akuntansi, keuangan, manajemen penjualan, manajemen pengadaan barang, manajemen stok, pembuatan laporan bisnis, dan masih banyak lagi.
Melalui fitur-fitur unggulan yang terintegrasi dengan ekosistem eDOT lainnya, seperti ework, Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan data real time dan meningkatkan efisiensi di berbagai lini bisnis.
Coba demo gratis esuite sekarang dan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!
Baca juga: 15 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing di Tahun 2025