FMCG adalah singkatan dari fast moving consumer goods yaitu salah satu industri dengan potensi profit yang besar. Mengapa demikian? Pertama-tama Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu FMCG.
FMCG adalah industri yang bergerak dalam penyediaan kebutuhan konsumen sehari-hari dengan harga yang murah dan sirkulasi penjualan yang cepat. Prospek bisnis FMCG di Indonesia yang sangat baik tentunya didorong dari kebutuhan pasar yang tinggi dan penyesuaian trend marketing yang optimal.
Mari simak artikel di bawah ini untuk mempelajari lebih dalam apa itu FMCG, bagaimana prospek bisnisnya, dan apa saja contoh perusahaanya!
Apa itu FMCG (Fast Moving Consumer Goods)?
Perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) merupakan industri yang bergerak dalam bidang penyediaan produk sehari-hari dengan siklus penjualan yang cepat. Penjualan produk FMCG memang lebih cepat jika dibandingkan produk lainnya karena dibutuhkan oleh konsumen setiap hari.
Produk-produk yang termasuk ke dalam kategori FMCG yaitu makanan, minuman, personal care, produk rumah tangga, produk kesehatan, produk bayi dan anak, produk kertas, dan kemasan.
Industri FMCG di Indonesia merupakan bisnis yang paling cepat berkembang di Asia Tenggara dengan market value sebesar 100 miliar USD. Industri ini diproyeksikan terus tumbuh dengan laju pertumbuhan majemuk sebesar 7,6% dari tahun 2021 ke tahun 2025.
Prospek Bisnis FMCG
Sebagai bisnis yang bergerak memproduksi barang kebutuhan sehari-hari yang siklus penjualannya cepat, industri FMCG memiliki prospek yang besar untuk berjalan dan sukses di Indonesia. Berikut merupakan beberapa faktor yang mendorong pertumbuhan perusahaan FMCG:
1. Memiliki Populasi yang Besar
Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia. Kondisi ini dapat menjadi peluang yang sangat besar bagi bisnis FMCG. Jumlah penduduk yang besar tentunya mengakibatkan tingginya permintaan terhadap produk secara terus-menerus.
2. Tingkat Konsumsi Masyarakat yang Tinggi
Selain memiliki populasi yang besar, tingkat konsumsi dari masyarakat indonesia dapat dibilang tinggi. Harga produk dari industri FMCG di Indonesia masih relatif murah dan dapat dijangkau oleh berbagai kalangan. Hal ini menjadi salah satu prospek yang menguntungkan untuk pemilik bisnis FMCG.
3. Kelas Menengah yang Terus Bertambah
Pendorong utama di balik pertumbuhan pesat industri FMCG adalah masyarakat kelas menengah. Dengan terus meningkatnya masyarakat kelas ekonomi menengah, maka daya beli mereka juga ikut meningkat dan mendorong permintaan akan barang-barang untuk dikonsumsi.
4. Promosi Lebih Mudah
Umumnya, produk yang diproduksi oleh industri FMCG merupakan kebutuhan sehari-hari dari konsumen sehingga tidak memerlukan proses pemasaran yang sulit. Anda dapat mendistribusikan produk pada toko retail baik skala besar atau skala kecil.
5. Hadirnya E-commerce
Prospek bisnis FMCG yang terakhir adalah hadir dan populernya e-commerce sebagai tempat jual beli. Adanya e-commerce ternyata berdampak positif pada sektor FMCG, karena konsumen lebih mudah mengakses ke berbagai jenis produk dan perusahaan sehingga meningkatkan penjualan.
Baca juga: 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak di Indonesia pada Awal 2024, Siapa Juaranya?
Produk Potensial FMCG di Indonesia
Selain mengetahui prospek dari bisnis FMCG, Anda mungkin juga ingin mengetahui produk potensial apa yang menjadi pilihan terbaik untuk dikembangkan, di antaranya:
1. Produk Kesehatan dan Kebugaran
Setelah pandemi Covid-19, kesadaran masyarakat akan produk yang menawarkan manfaat kesehatan dan kebugaran terus meningkat. Selain itu, generasi muda yang mendominasi populasi di Indonesia juga cenderung memiliki daya beli yang baik.
Hal ini menjadikan permintaan terhadap produk, seperti vitamin, suplemen, dan makanan organik semakin meningkat.
2. Produk Halal
Anda pasti sudah tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang mayoritasnya muslim. Kondisi ini menciptakan permintaan terhadap makanan dan minuman yang halal semakin berkembang.
Tak hanya itu, produk halal juga terus dikembangkan tidak berbatas pada makanan namun juga kosmetik dan produk personal care.
3. Produk Sustainable
Konsumen saat ini sudah menyadari pentingnya produk berkelanjutan dan tingkat permintaannya semakin berkembang. Oleh karena itu, produk berkelanjutan, seperti makanan organik, produk ramah lingkungan, dan kemasan yang dapat didaur ulang akan menjadi pilihan produk terbaik untuk dikembangkan.
4. Produk Premium
Selain ketiga produk yang telah disebutkan di atas, produk premium juga menjadi salah satu pilihan yang potensial bagi perusahaan FMCG. Karena pertumbuhan tingkat ekonomi menengah di Indonesia, kebutuhan akan produk premium juga semakin meningkat.
Baca juga: Langkah Memilih Vendor ERP yang Tepat untuk Bisnis
Contoh Perusahaan FMCG di Indonesia
Adapun salah satu contoh perusahaan FMCG di Indonesia adalah Nabati Group. Nabati Group merupakan kelompok usaha yang berfokus pada bidang FMCG, khususnya makanan dan minuman ringan.
Perusahaan ini dibangun pada tahun 2002. Mulanya, Nabati Group hanya bergerak di bisnis makanan ringan dengan skala industri rumah tangga. Namun, seiring berjalannya waktu dan munculnya berbagai inovasi modern, perusahaan tersebut telah memperluas bisnisnya dengan memiliki sejumlah unit dan partner bisnis yang tidak terbatas pada FMCG.
Demikian penjelasan tentang apa itu FMCG, prospek, dan contoh perusahaanya. Perusahaan FMCG memang menyesuaikan produksi produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehari-hari sehingga penjualannya berlangsung cepat.
Meskipun prospek yang dimiliki memang sangat baik namun perlu dipertimbangkan juga secara matang faktor seperti inovasi produk, persaingan pasar, perubahan perilaku, konsumen, dan metode pemasaran yang efektif agar bisnis tetap bersaing.
Jika Anda adalah pemilik bisnis tidak ada salahnya untuk mencoba memasarkan produk secara business to business (B2B) langsung. Platform emitra dapat menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan penjualan Anda. Platform dengan berbasis e-commerce yang dikembangkan oleh eDOT memfasilitasi bisnis Anda untuk berkomunikasi langsung dengan mitra bisnis secara online.
Platform emitra didesain khusus agar mudah untuk digunakan, berbasis online, dan dilengkapi fitur real-time tracking. Penjualan dan transaksi dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan praktis tanpa ada drama. Tingkatkan penjualan Anda bersama emitra mulai hari ini dan dapatkan demo gratis dengan hubungi customer service kami sekarang!