image

Cara Meningkatkan Penjualan Tanpa Menguras Anggaran

22 May 2025

Apabila pendapatan bisnis tidak mengalami peningkatan, hal ini bisa menghambat perkembangan dan pertumbuhan bisnis itu sendiri. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk meningkatkan penjualan agar bisnis bisa terus berkembang.

Beberapa cara meningkatkan penjualan yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan inovasi dan melakukan evaluasi produk.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menambah omzet, di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa dicoba untuk meningkatkan penjualan.

Cara Meningkatkan Penjualan

Agar bisnis bisa maju, dibutuhkan strategi agar penjualan produk bisa meningkat. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan dan membuat bisnis lebih berkembang:

1. Terus Melakukan Inovasi

Melakukan inovasi merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan yang efektif. Tren pasar biasanya selalu berubah dan produk baru yang berbeda sering kali muncul, baik dari segi jenis, bentuk, atau variasi.

Inovasi-inovasi inilah sering kali berhasil menarik perhatian konsumen. Oleh karena itu, penting untuk bisa memanfaatkan momen tersebut dengan menciptakan sesuatu yang baru.

2. Melakukan Evaluasi Produk

Selain berinovasi, strategi lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengevaluasi produk yang sudah ada. Anda bisa memeriksa kembali data penjualan produk dalam jangka waktu tertentu. 

Perhatikan bagaimana grafik penjualannya dan cobalah untuk menilai apakah kualitas produk masih sesuai dengan harapan konsumen. 

Apabila ternyata konsumen mulai kurang tertarik, mungkin ini saat yang tepat untuk melakukan perubahan pada produk tersebut agar bisa menarik peminat. 

Baca juga: 9 Langkah Efektif Mengelola Inventory Toko Secara Efisien

3. Memberikan Penawaran Menarik

Konsumen biasanya tertarik dengan penawaran menarik. Untuk meningkatkan penjualan, salah satu strategi pemasaran yang dapat Anda coba yaitu dengan memberi diskon dalam waktu tertentu atau flash sale, misalnya hanya berlaku antara jam 4 sore hingga jam 7 malam. 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menawarkan produk bundling, yaitu menggabungkan produk dengan penjualan rendah bersama produk lain yang lebih populer. Hal ini bisa membantu menarik minat konsumen untuk membeli lebih banyak.

4. Menggunakan Produk dari eDOT

Salah satu strategi agar penjualan meningkat dan mempermudah operasional bisnis yaitu dengan menggunakan produk dari eDOT. Dengan produk-produk dari eDOT, Anda dapat bisa otomatisasi banyak kegiatan operasional yang sebelumnya memakan waktu dan tenaga.

Hal ini tentu akan mempermudah pemilik bisnis untuk lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting, seperti merancang strategi bisnis dan pengembangan produk. 

Beberapa produk eDOT yang dapat dijadikan solusi dalam membantu meningkatkan efisiensi dan penjualan salah satunya yaitu emitra

Platform e-commerce B2B ini dapat menghubungkan distributor dan retail untuk mengefisienkan transaksi, manajemen stok, dan pembayaran sehingga mempercepat proses jual beli dan memperluas jaringan.

Selain itu, Anda juga bisa mengandalkan ework, yaitu aplikasi Sales Force Automation (SFA) yang dapat meningkatkan penjualan dan konversi. Aplikasi ini menyederhanakan dan mengefisiensikan proses bisnis serta mengurangi human error. 

5. Melakukan Riset Pasar

Salah satu cara dalam meningkatkan penjualan yaitu dengan melakukan riset pasar. Hal ini perlu dilakukan sebelum mencari ide-ide kreatif. Anda dapat mencari tahu apa yang sedang dibutuhkan konsumen dan tren apa yang sedang berkembang.

Apabila diperlukan, Anda bisa melihat strategi apa yang dipakai oleh kompetitor dan produk apa yang mereka tawarkan. Dari hasil riset tersebut, Anda bisa mengembangkan ide-ide baru yang lebih tepat sasaran dan bisa membantu menaikkan penjualan.

6. Menjalin Komunikasi dengan Konsumen

Membangun komunikasi yang baik dengan konsumen merupakan hal yang penting dalam meningkatkan penjualan. Anda dapat memanfaatkan media sosial atau platform e-commerce untuk mulai terhubung langsung dengan mereka.

Dengan cara ini, konsumen akan merasa dihargai dan diperhatikan. Selain itu, jika mereka merasa nyaman, mereka juga cenderung lebih tertarik dengan produk dan penawaran yang Anda berikan.

7. Memaksimalkan Upaya Pemasaran Digital

Saat ini, banyak orang memakai ponsel untuk belanja. Dengan demikian, pemasaran digital menjadi salah satu strategi yang krusial dalam meningkatkan penjualan.

Dengan bisnis secara online, Anda bisa menjangkau lebih banyak orang, bahkan yang sebelumnya belum pernah menjadi konsumen.

Baca juga: Apa Itu Retail? Jenis, Cara Kerja & Contoh Bisnisnya

8. Menampilkan Testimoni Positif

Cara meningkatkan penjualan selanjutnya adalah dengan menampilkan testimoni positif. Strategi ini bisa berhasil jika bisnis Anda memiliki pengalaman positif pada periode sebelumnya. 

Cobalah untuk mengumpulkan testimoni dari pembeli yang puas setelah melakukan transaksi. Ulasan positif ini akan menjadi bukti nyata jika produk Anda memang bagus, jadi calon pembeli pun lebih yakin dan percaya untuk mencoba.

9. Memperkuat Loyalitas Konsumen

Untuk meningkatkan penjualan jangka panjang, menjaga loyalitas pelanggan lama tentu diperlukan. Nah, untuk melakukan strategi ini, Anda bisa membuat program khusus, seperti diskon atau cashback supaya mereka merasa dihargai dan terus memilih produk Anda.

Itulah beberapa cara meningkatkan penjualan, mulai dari melakukan inovasi hingga memperkuat loyalitas konsumen. Dengan langkah-langkah tersebut, bisnis Anda dapat berkembang dan mencapai tujuan yang diinginkan. 

Sebagai pelaku usaha, mencoba menjual produk secara B2B (Business to Business) bisa menjadi pilihan yang baik. Untuk itu, platform emitra bisa menjadi solusi yang tepat dalam meningkatkan penjualan Anda.

emitra dirancang agar mudah digunakan, berbasis online, dan dilengkapi fitur pelacakan secara real-time. Oleh karena itu, dengan platform ini Anda bisa melakukan penjualan dan transaksi dengan cepat dan mudah. 

Tidak hanya emitra, Anda juga bisa memanfaatkan ework yang dapat membantu Anda memantau akitivitas penjualan, menyajikan rute terdekat dan terbaik untuk menjangkau prospek, memberikan pembaruan promo secara real time, menyediakan proses pembayaran yang sederhana, memudahkan update stok, serta memberikan data analisis kompetitor untuk perkembangan bisnis Anda. 

Jadi, tunggu apa lagi? Tingkatkan penjualan bisnis Anda dengan produk terbaik dari eDOT hari ini dan dapatkan demo gratis dengan menghubungi kami sekarang!

Baca juga: Apa itu Buyer Persona? Manfaat, Contoh, & Cara Membuatnya

logo rounded whatsapp