5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak di Indonesia pada Awal 2024, Siapa Juaranya?

22 May 2024

Industri e-commerce Indonesia terus berkembang pesat seiring dengan meningkatnya penetrasi internet dan adopsi teknologi. Sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi digital tercepat di dunia, Indonesia menjadi tuan rumah bagi platform belanja online atau yang biasa dikenal sebagai marketplace. Pada awal 2024 ini, SimilarWeb telah merilis data platform e-commerce dengan pengunjung terbanyak di Indonesia.  

Berdasarkan data SimilarWeb, seperti yang dikutip Bisnis.com, lima platform e-commerce yang menempati urutan teratas dengan jumlah pengunjung terbanyak di Indonesia adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Bukalapak.

1. Shopee

Secara global, Shopee memiliki pengunjung sebesar 235,9 juta selama bulan Februari 2024. Namun, SimilarWeb mencatat platform tersebut mengalami penurunan pengunjung secara bulanan sebesar 4,01%.

2. Tokopedia

Di urutan kedua terdapat Tokopedia dengan pengunjung tertinggi di Indonesia. Pengunjung Tokopedia pada bulan yang sama mencapai 100,3 juta secara global. Angka ini turun sebesar 0,04% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

3. Lazada

Selanjutnya, terdapat Lazada yang juga mencatatkan pengunjung sebesar 45,03 juta pada bulan Februari 2024. Sama dengan Shopee dan Tokopedia, pengunjung Lazada juga mengalami penurunan. Bahkan, Lazada mengalami penurunan yang lebih besar, yaitu 4,75% secara month to month. 

4. Blibli

Di Urutan keempat terdapat Blibli yang mencatatkan 24,15 juta pengunjung pada bulan yang sama. Angka tersebut tercatat turun jika dibandingkan dengan bulan lalu sebesar 7,74%. 

5. Bukalapak

Kemudian terdapat Bukalapak yang menjadi top 5 dengan pengunjung terbanyak di Indonesia sebesar 4,42 juta pengunjung. Sama dengan platform sebelumnya, Bukalapak juga mengalami penurunan jumlah pengunjung. Salah satu pionir marketplace di Indonesia ini mengalami penurunan 22,86% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Untuk mengimbangi perkembangan industri e-commerce di Indonesia, eDOT merilis platform business to business (B2B) terbaru bernama emitra. Platform emitra ini dirancang sebagai pasar di mana bisnis dapat membeli persediaan untuk toko atau kebutuhan bisnis lainnya langsung dari distributor resmi.

Selain itu, emitra juga dilengkapi dengan fitur unggulan seperti chat commerce yang memungkinkan outlet untuk berkomunikasi langsung dengan salesman distributor. Salesman akan menerima pesan tersebut melalui Sales Force Automation (SFA) ework, kemudian melakukan pengambilan order, dan melakukan pemesanan secara langsung. Untuk selengkapnya dapatkan free demo di sini.