Industri e-commerce di Indonesia terus berkembang pesat seiring dengan meningkatnya penetrasi internet dan adopsi teknologi digital. Sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi digital tercepat, Indonesia menjadi pusat berbagai marketplace dan platform belanja online. Di awal tahun 2025, SimilarWeb merilis data terbaru mengenai platform e-commerce dengan jumlah pengunjung terbesar di Tanah Air.
Berdasarkan laporan SimilarWeb yang dikutip oleh Bisnis.com, lima platform e-commerce dengan jumlah pengunjung tertinggi di Indonesia adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Bukalapak. Meski mendominasi pasar, beberapa di antaranya mengalami penurunan jumlah pengunjung dibandingkan bulan sebelumnya.
Apa yang Dimaksud dengan Platform E-Commerce?
Platform e-commerce adalah sebuah sistem perangkat lunak berbasis web atau aplikasi yang memungkinkan individu atau bisnis untuk membuka, mengelola, dan menjalankan toko online, termasuk proses jual beli barang atau jasa melalui internet.
Dalam bukunya E-Commerce 2021: Business, Technology, and Society, Kenneth C. Laudon dan Carol Guercio Traver mendefinisikan platform e-commerce adalah lingkungan digital yang mendukung transaksi komersial online, yang mencakup seluruh ekosistem teknis dan bisnis.
Platform e-commerce biasanya mencakup berbagai fitur di antaranya:
-
Manajemen produk
-
Keranjang belanja (shopping cart)
-
Sistem pembayaran online
-
Pengaturan pengiriman/logistik
-
Laporan dan analitik penjualan
5 E-commerce Terpopuler di Indonesia
1. Shopee
Secara global, Shopee memiliki pengunjung sebesar 235,9 juta selama bulan Februari 2024. Namun, SimilarWeb mencatat platform tersebut mengalami penurunan pengunjung secara bulanan sebesar 4,01%.
Gambar: Platform E-Commerce Shoppe
2. Tokopedia
Di urutan kedua terdapat Tokopedia dengan pengunjung tertinggi di Indonesia. Pengunjung Tokopedia pada bulan yang sama mencapai 100,3 juta secara global. Angka ini turun sebesar 0,04% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
Gambar: Platform E-Commerce Tokopedia
3. Lazada
Selanjutnya, terdapat Lazada yang juga mencatatkan pengunjung sebesar 45,03 juta pada bulan Februari 2024. Sama dengan Shopee dan Tokopedia, pengunjung Lazada juga mengalami penurunan. Bahkan, Lazada mengalami penurunan yang lebih besar, yaitu 4,75% secara month to month.
Gambar: Platform E-Commerce Lazada
4. Blibli
Di Urutan keempat terdapat Blibli yang mencatatkan 24,15 juta pengunjung pada bulan yang sama. Angka tersebut tercatat turun jika dibandingkan dengan bulan lalu sebesar 7,74%.
Gambar: Platform E-Commerce Blibli
5. Bukalapak
Kemudian terdapat Bukalapak yang menjadi top 5 dengan pengunjung terbanyak di Indonesia sebesar 4,42 juta pengunjung. Sama dengan platform sebelumnya, Bukalapak juga mengalami penurunan jumlah pengunjung. Salah satu pionir marketplace di Indonesia ini mengalami penurunan 22,86% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
Gambar: Platform E-Commerce Bukalapak
Untuk mengimbangi perkembangan industri e-commerce di Indonesia, eDOT merilis platform b2b e-commerce dan loyalty apps terbaru bernama emitra. Platform emitra ini dirancang sebagai pasar di mana bisnis dapat membeli persediaan untuk toko atau kebutuhan bisnis lainnya langsung dari distributor resmi.
Selain itu, emitra juga dilengkapi dengan fitur unggulan seperti chat commerce yang memungkinkan outlet untuk berkomunikasi langsung dengan salesman distributor. Salesman akan menerima pesan tersebut melalui Sales Force Automation (SFA) ework, kemudian melakukan pengambilan order, dan melakukan pemesanan secara langsung. Untuk selengkapnya dapatkan free demo Emitra B2B E-Commerce and Loyatly Apps di sini!