Untuk meningkatkan brand awareness, pelaku bisnis tidak hanya harus fokus pada pengembangan produk atau jasa, tetapi juga pemasaran.
Dengan berkembangnya media sosial, seperti Instagram, platform komunikasi dan berbagi informasi ini dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu strategi pemasaran.
Jika Anda ingin mencoba berjualan di Instagram, pastikan Anda mengetahui cara jualan di Instagram dengan benar agar semakin banyak orang yang mengetahui brand Anda serta terkonversi menjadi pelanggan. Artikel ini membahas strategi jualan di Instagram, jadi simak informasinya berikut ini.
Cara Jualan di Instagram yang Efektif
Mengetahui tips menjual di Instagram akan membantu Anda memanfaatkan media sosial berbasis foto dan video ini dengan cermat, terlebih jika Anda memiliki target pasar yang kebanyakan adalah pengguna Instagram. Berikut ini adalah cara jualan di Instagram yang bisa Anda ikuti:
1. Membuat Instagram for Business
Sebagai pelaku bisnis, penting untuk memiliki Instagram untuk bisnis. Berbeda dengan Instagram untuk personal, Instagram untuk bisnis memiliki berbagai macam fitur yang memudahkan Anda sebagai penjual, seperti tombol kontak dan Instagram Analytics Tool.
Tombol kontak akan memudahkan calon pelanggan untuk menghubungi Anda secara langsung sehingga Anda tidak kehilangan kesempatan untuk menjadikan mereka leads.
Kemudian, Anda bisa melihat demografi pengunjung atau pengikut, lokasi terbanyak yang mengakses akun Anda, dan statistik lainnya yang bisa Anda gunakan untuk memetakan prospek dan merancang konten Instagram.
2. Memaksimalkan Profil Instagram
Apakah membuat Instagram untuk bisnis sudah cukup? Tentu tidak! Anda perlu memaksimalkan profil Instagram dan memastikan bahwa profil bisnis Anda bisa memberikan informasi yang dibutuhkan calon pelanggan.
Beberapa elemen profil Instagram yang harus Anda optimalkan agar merek Anda semakin unik adalah sebagai berikut:
- Call to Action (CTA): Tambahkan ajakan untuk mengunjungi situs atau menghubungi Anda sehingga pelanggan bisa melanjutkan journey mereka hingga bertransaksi.
- Deskripsi yang strategis: Pastikan bio atau deskripsi profil Anda mencerminkan brand dan tampil unik. Namun, jangan menggunakan terlalu banyak kalimat agar tidak terlalu penuh.
- Kumpulan tautan: Gunakan alat yang bisa mengumpulkan tautan penting di bio, seperti Linktree, untuk menunjukkan informasi, seperti tautan ke situs web, WhatsApp, Google Maps, katalog digital, dan lain-lain.
- Instagram Highlights: Anda bisa menyimpan Instastory penting dengan fitur Highlights yang bisa dilihat oleh pelanggan. Beberapa Instastory yang bisa ditampilkan adalah layanan, katalog, dan testimoni.
Baca juga: 8 Faktor dan 7 Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
3. Menentukan Tujuan Pemasaran
Untuk berjualan di Instagram, Anda tidak hanya memikirkan produk atau layanan yang ditawarkan, tetapi juga strategi pemasaran. Anda perlu menentukan tujuan pemasaran sehingga bisa membuat konten dan profil yang relevan.
Kemudian, Anda juga perlu mengidentifikasi target pasar. Pastikan strategi pemasaran, konten, dan cara Anda menyampaikan produk sesuai dengan target pasar dan demografinya.
4. Mengedepankan Kualitas daripada Kuantitas
Tahukah Anda bahwa terdapat banyak cara untuk menaikkan jumlah pengikut, suka, dan komentar? Namun, pastikan untuk mendapatkan pengikut dan engagement yang berkualitas dan berpotensi menjadi leads.
Jangan sampai Anda hanya terlena dengan jumlah pengikut yang semakin banyak, tetapi tidak berpengaruh pada konversi. Jadi, pastikan engagement yang Anda dapatkan autentik dan berpotensi menjadi leads.
5. Membuat Konten yang Autentik
Membuat konten adalah salah satu cara jualan di Instagram yang paling penting dan harus dirumuskan dengan matang karena konten merepresentasikan brand Anda.
Untuk bisa memasarkan produk, Anda tidak hanya sekadar mengunggah foto produk alakadarnya ke Instagram. Anda perlu membuat konten yang menarik dan sesuai dengan target pasar.
Anda juga bisa membuat konten yang dapat meningkatkan brand awareness sembari membuat konten promosi yang menonjolkan produk agar semakin banyak orang mengenal brand Anda.
Kemudian, pastikan konten yang dibuat autentik dan sangat menggambarkan bisnis Anda agar bisa bersaing dengan bisnis-bisnis serupa.
Beberapa contoh konten yang bisa diimplementasikan adalah user-generated content, ulasan pelanggan, studi kasus, infografis interaktif, dan lain sebagainya.
6. Menganalisis Kompetitor
Setelah cukup kuat dan mulai berjualan, Anda bisa melanjutkan ke analisis kompetitor. Tidak menutup kemungkinan ada bisnis yang mirip dengan bisnis Anda atau menargetkan audiens yang serupa.
Jadi, agar bisa lebih menonjol, Anda bisa menganalisis performa kompetitor untuk mengetahui keunikan mereka, salah satunya dengan metode Strength, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT).
7. Berinteraksi dengan Pengunjung dan Pengikut
Cara jualan di Instagram yang terakhir adalah berinteraksi secara aktif dengan pengunjung dan pengikut. Aktivitas ini dapat meningkatkan penjualan dan membuat pengikut Anda setia dengan brand Anda.
Selain menjaga loyalitas pelanggan, aktif berinteraksi dengan pengikut dapat membantu Anda mengumpulkan informasi terkait audiens, seperti ketertarikan dan permasalahan yang dihadapi. Alhasil, Anda bisa menentukan strategi penjualan dan pemasaran yang lebih efektif di masa depan.
Baca juga: Strategi Meningkatkan Produktivitas Sales Secara Efektif
Mengapa Brand Harus Mempertimbangkan Berjualan di Instagram?
Kini Anda telah mengetahui cara jualan di Instagram. Namun, Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa Anda harus berjualan di Instagram juga? Instagram menawarkan beberapa keuntungan bagi bisnis, termasuk bisnis B2B, seperti:
1. Instagram Memiliki Beragam Format Konten
Instagram memiliki berbagai format konten yang bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk atau layanan, di antaranya Reels (video 90 detik), Story (konten berdurasi 24 jam yang ideal untuk mengunggah promo), dan Live (siaran langsung untuk menawarkan produk atau layanan).
2. Instagram Memiliki Fitur untuk Bisnis
Instagram juga mendukung pegiat bisnis untuk memasarkan produk atau layanannya dengan postingan carousel, Instagram Highlights, dan Instagram Shopping.
Demikian informasi tentang cara jualan di Instagram yang bisa Anda pelajari. Jika Anda memiliki bisnis B2B, menambah saluran ke Instagram dapat menjadi strategi yang cukup menguntungkan untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
Kemudian, apabila Anda memerlukan distributor untuk mengekspansi jangkauan bisnis, atau Anda adalah distributor yang mencari pemasok tepercaya, emitra oleh eDOT dapat menjadi solusi.
emitra memberikan penawaran yang terjangkau dan menarik bagi perusahaan Anda. Selain itu, Anda dapat membeli barang langsung dari pemasok tepercaya tanpa perlu perantara.
Selanjutnya, emitra menyediakan pengiriman yang cepat dan mudah sehingga Anda tidak perlu khawatir barang Anda akan terlambat sampai. Yang terpenting, emitra menawarkan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.
Tunggu apa lagi? Perluas jangkauan bisnis Anda dengan emitra dan hubungi kami sekarang!
Baca juga: 8 Strategi Digital Marketing Terbukti Tingkatkan Penjualan 2025