Kemajuan teknologi Artificial Intelligence (AI) menjadi salah satu pendorong meningkatnya penggunaan service robot di berbagai industri. Di Indonesia sendiri, sudah banyak pelaku bisnis yang mengadopsi teknologi ini untuk meningkatkan daya saing dan efisiensi.
Jika Anda berencana mengadaptasikan teknologi service robot dengan bisnis Anda, pastikan untuk memahami dulu seluk beluk teknologi ini, meliputi jenis, manfaat, dan langkah pengaplikasiannya. Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.
Apa Itu Service Robot?
Service robot adalah robot yang dirancang untuk membantu manusia dengan mengerjakan tugas-tugas yang bersifat monoton, memakan waktu, berulang, atau berisiko menimbulkan cedera.
Robot ini bekerja berdasarkan algoritma dan program yang ditanamkan oleh para insinyur. Hasilnya, mereka dapat melakukan langkah yang tepat dan sesuai dengan kondisi lingkungan karena ditenagai oleh sensor, AI, dan machine learning.
Terdapat service robot yang bisa bekerja mandiri. Namun, ada pula AI yang memerlukan sedikit bantuan manusia.
Jenis Service Robot
Beberapa jenis service robots yang tersedia dalam memenuhi kebutuhan bisnis di berbagai sektor adalah sebagai berikut.
1. Delivery Robots
Delivery robot adalah sistem robotik yang digunakan untuk mengotomatisasi proses distribusi dan pengiriman barang. Jenis service robot ini cocok digunakan untuk pengiriman jarak pendek atau di tahap akhir pengiriman, tepatnya dari gudang atau distributor ke pelanggan.
Beberapa industri yang biasa menggunakan delivery robot adalah ritel, FnB, hospitality, e-commerce, dan logistik. Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi, kecepatan, dan akurasi dalam proses pengiriman. Karakteristik delivery robot di antaranya:
- Memiliki kapasitas muatan (loading capacity) yang berbeda-beda. Ada yang dikhususkan untuk mengangkut paket ringan dan ada pula yang mampu membawa paket berat.
- Dilengkapi persepsi cerdas (intelligent perception) berupa sensor yang memungkinkan robot memahami kondisi sekitar.
- Dilengkapi dengan fitur keamanan, seperti autentikasi password atau tombol darurat agar tidak bisa diakses oleh sembarang orang.
- Menggunakan navigasi mandiri (autonomous navigation) berupa kamera dan sensor untuk mengenali lingkungan, merencanakan jalur yang tepat, dan menghindari tabrakan.
- Terhubung ke sistem pusat atau cloud sehingga posisi, status, dan progres pengiriman barang dapat dipantau serta dikendalikan dari jauh.
Baca juga: Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Faktor dan Cara Menghitungnya
2. Cleaning Service Robots
Bersih-bersih bisa dikatakan sebagai salah satu pekerjaan repetitif dan monoton. Maka, muncullah cleaning service robot yang didesain khusus untuk membantu pekerjaan kebersihan, baik di lingkup rumah tangga maupun bisnis.
Biasanya, robot ini dapat membantu menyedot debu, mengepel lantai, dan membersihkan kaca jendela. Menariknya, cleaning service robot dirancang sedemikian rupa agar bisa mendeteksi kondisi nyata di lapangan dan mengambil langkah yang efisien.
Mereka hanya membersihkan saat benar-benar diperlukan, misalnya saat ada cairan tumpah di lantai atau ada kotoran di jendela, bukan sekadar mengikuti jadwal rutin.
3. Personal Service Robots
Seperti namanya, jenis service robot ini digunakan untuk kepentingan personal atau pribadi. Seseorang membelinya untuk keperluan self-assistance atau bantuan pribadi.
Beberapa fungsi personal service robots antara lain mengurus rumah, mengingatkan tugas, memudahkan gerakan penyandang disabilitas, atau melatih hewan peliharaan. Fokus utama dari jenis robot ini adalah kenyamanan.
4. Professional Service Robots
Berkebalikan dengan jenis sebelumnya, professional service robots dimanfaatkan untuk mendukung kepentingan profesional atau komersial.
Umumnya, robot ini menjalankan tugas berbahaya, berat, dan berisiko tinggi di area perusahaan, kantor, atau ruang publik. Fokus utama dari penggunaan professional service robot adalah efisiensi operasional dan keamanan kerja.
Dalam praktiknya, professional service robot dioperasikan oleh profesional terlatih. Sebab, kinerja mereka sangat bergantung pada fungsi robot yang efisien.
Beberapa contoh professional service robot adalah fire-fighting robots yang membantu memadamkan api di lokasi berbahaya dan surgical robot yang membantu dokter bedah melakukan operasi.
5. Servicing Service Robots
Jenis service robots selanjutnya adalah servicing service robots, yang lebih berfokus pada pemeliharaan dan perbaikan. Jadi, fungsi utama robot ini adalah melakukan pemeriksaan rutin, perawatan, dan perbaikan pada peralatan atau fasilitas tertentu.
Aktivitas yang dilakukan oleh servicing service robot bertujuan untuk menjaga agar kondisi perangkat tertentu selalu optimal sehingga umur pakainya lebih panjang. Beberapa tempat yang biasanya menggunakan robot ini antara lain sektor industri, energi, dan transportasi.
6. Guidance Service Robots
Guidance service robot adalah robot yang membantu pengunjung menemukan informasi, arah, atau layanan yang mereka butuhkan di tempat umum, seperti rumah sakit, bandara, atau pusat perbelanjaan.
Beberapa contoh bantuan yang disediakan oleh robot ini antara lain memberikan informasi jadwal penerbangan, menjawab pertanyaan umum melalui layar interaktif, dan mengantar pengunjung ke lokasi tertentu. Fokus utamanya adalah mendukung kenyamanan, kecepatan, dan menghindari kebingungan.
Manfaat Service Robot
Dari pemaparan sebelumnya, diketahui bahwa banyak industri yang menggunakan service robots. Berikut ini gambaran manfaat service robot di masing-masing industri yang perlu Anda ketahui:
1. Industri Kesehatan
Secara umum, manfaat service robot di industri kesehatan adalah untuk mendukung hal-hal berikut:
- Keamanan: Mengurangi kontak langsung manusia sehingga menurunkan risiko penularan penyakit, kontaminasi, atau infeksi silang. Biasanya service robot dimanfaatkan untuk mengangkut peralatan medis, obat-obatan, dan sampel laboratorium.
- Keandalan: Robot dapat membantu pengiriman peralatan kesehatan tanpa terkendala kelelahan, keterlambatan, dan kesalahan.
- Bantuan dalam perawatan: Biasanya robot juga difungsikan di fasilitas perawatan lansia (eldercare) untuk mengantar makanan, obat-obatan, atau keperluan harian ke kamar penghuni. Dengan cara ini, staf bisa lebih fokus pada interaksi emosional, sedangkan robot menangani tugas yang repetitif.
2. Logistik dan Pergudangan
Dalam sektor logistik dan pergudangan, manfaat service robot adalah untuk mengupayakan hal-hal di bawah ini:
- Produktivitas: Dengan bantuan robot, pemrosesan pesanan dan pengiriman dapat berjalan lebih cepat. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk melayani lebih banyak pelanggan dalam waktu singkat dan produktivitas pun meningkat.
- Otomatisasi: Robot dapat menyederhanakan pekerjaan gudang yang berulang dan membutuhkan banyak waktu, misalnya menyortir dan mengangkut barang.
- Akurasi: Robot membantu menghitung stok dan mengambil barang secara akurat, jadi perusahaan bisa terhindar dari risiko kerugian akibat human error.
3. Retail dan E-Commerce
Di bidang retail dan e-commerce, service robot bermanfaat mendukung hal-hal berikut.
- Menghemat biaya tenaga kerja: Dengan adanya robot yang bekerja secara otomatis, perusahaan bisa mengurangi perekrutan tenaga kerja manual yang bertugas mengantarkan barang. Alhasil, alokasi gaji bisa dialihkan untuk hal lain, misalnya aktivitas pemasaran.
- Efisiensi: Pengiriman yang dibantu oleh robot umumnya bisa lebih cepat dan tiba di tujuan tepat waktu. Dengan demikian, kepuasan pelanggan berpotensi meningkat.
- Layanan non-stop: Tak seperti manusia yang perlu istirahat atau berganti shift, robot bisa bekerja 24 jam non-stop. Hal ini membantu perusahaan untuk memberikan layanan yang lebih fleksibel waktu pada pelanggan.
Baca juga: Contoh Customer Relationship Management & Strategi Penerapannya!
Cara Mengadaptasikan Bisnis dengan Service Robot
Mengadaptasikan bisnis dengan service robot butuh perencanaan yang matang. Tujuannya agar hasil yang diperoleh lebih optimal, baik dari segi efisiensi maupun ROI (Return of Investment). Jika ini pertama kalinya Anda mengadopsi service robot dalam bisnis, simak panduan berikut:
1. Onboarding dan Persiapan
Pada tahap ini, perusahaan perlu memastikan bahwa robot siap digunakan dan risiko bisa diminimalkan sejak awal. Jadi, perusahaan perlu melakukan hal-hal di bawah ini:
- Mengidentifikasi faktor risiko, misalnya terkait biaya dan hambatan teknis.
- Menentukan KPI (Key Performance Indicator) guna mengukur efektivitas.
- Memberikan pelatihan supaya staf bisa mengoperasikan robot dengan benar.
- Menyusun strategi preventive maintenance agar robot lebih awet dan minim gangguan.
2. Peluncuran dan Komunikasi
Ketika robot mulai digunakan untuk mendukung proses bisnis, perusahaan perlu menjelaskan pada pihak internal (karyawan) dan stakeholder eksternal (mitra bisnis dan pelanggan) mengenai cara kerja robot.
Selain itu, perusahaan juga perlu menekankan bahwa kehadiran robot bukan untuk menggantikan pekerjaan manusia, melainkan untuk mendukung agar hasilnya lebih maksimal.
Hal ini bertujuan untuk mencegah resistensi (penolakan) dari karyawan serta meningkatkan penerimaan terhadap teknologi baru.
3. Pemantauan
Seperti halnya kinerja manusia yang perlu dipantau, kinerja robot pun demikian. Perusahaan perlu memantau kinerja robot secara konsisten untuk meminimalkan risiko kerusakan yang tidak diinginkan.
Dengan pemantauan berkala, perusahaan juga bisa mengidentifikasi area mana yang memperoleh dampak besar dari adanya bantuan robot.
Jadi, aktivitas pemantauan bisa membuat perusahaan menyimpulkan apakah investasi di service robot benar-benar menguntungkan.
Manfaatkan Teknologi Delivery Robot dari eDOT Hardware
Apakah perusahaan Anda bergerak di industri FnB, hospitality, atau industri lain yang membutuhkan delivery robot service?
Jika iya, eDOT Hardware punya solusi yang menarik dan sesuai kebutuhan Anda, yaitu PUDU Bellabot. PUDU Bellabot merupakan smart delivery robot yang didesain untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan Anda.
Robot ini dapat diandalkan untuk menunjang operasional bisnis sekaligus meningkatkan customer experience. Bukan hanya canggih, desain robot customer service ini juga menarik. Berikut ini adalah spesifikasi dari PUDU Bellabot:
- Ukuran 565 x 537 x 1290 mm.
- Berat 59 kg.
- Waktu pengisian daya 4 jam.
- Kecepatan gerak bisa diatur antara 0,5 ā1,2 m/s.
- Setiap rak bisa menampung beban maksimal 10 kg.
- Terbuat dari plastik ABS dan paduan aluminium kelas penerbangan yang kokoh dan ringan.
- Baterai bisa dipakai nonstop 24 jam dan 7 hari seminggu karena sistem baterinya bisa ditukar (exchangeable).
eDOT Hardware adalah solusi ideal untuk bisnis Anda karena terbuat dari material yang kuat, daya tahannya lama, dan konektivitas cerdas ke berbagai sistem. Perangkatnya selalu dirancang mengikuti teknologi terbaru.
Tak hanya itu, eDOT Hardware juga terbukti memiliki desain ergonomis sehingga meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat menggunakannya. Kinerja yang cepat mendukung produktivitas bisnis lebih optimal.
Jika Anda tertarik mengetahui produk eDOT Hardware lain yang cocok untuk bisnis Anda, segera hubungi kami dan dapatkan penawaran menariknya!
Baca juga: Laporan Keuangan Usaha Makanan: Contoh & Cara Membuatnya