Sales management adalah kunci penting bagi perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas penjualan. Prosesnya sendiri meliputi planning organizing, actuating, dan controlling. Agar lebih paham lagi, baca artikel di bawah ini untuk mengetahui pengertian, manfaat, hingga aspeknya.
Apa itu Sales Management?
Sales management memiliki pengertian sebagai proses dalam penyusunan dan pengelolaan sebuah tim sales di perusahaan. Dengan demikian, manajemen penjualan adalah sebuah sistem untuk mengelola, memonitor, dan optimasi penjualan agar dapat mencapai target.
Tidak hanya itu, manajemen sales juga bisa meningkatkan produktivitas tim penjualan, mengoptimalkan performa penjualan, dan memudahkan pengambilan keputusan berdasarkan data penjualan yang akurat dan terkini.
Dengan adanya manajemen, tentunya perusahaan akan lebih menghemat waktu dan biaya, sehingga lebih efisien serta efektif dalam menjalankan kegiatan penjualan.
Manfaat Sales Management
Setelah mengetahui definisinya, Anda juga perlu mengetahui lebih dalam apa saja manfaatnya dari sisi perusahaan maupun tim sales itu sendiri. Berikut ini beberapa manfaat yang didapat dari sales management.
1. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas Proses Penjualan
Salah satu manfaat yang didapat dari sales management yakni dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas pada proses penjualan. Dengan demikian, akan membuat perusahaan menjadi lebih untung.
2. Meningkatkan Penjualan
Jika perusahaan Anda memiliki manajemen penjualan yang baik, maka tidak dipungkiri penjualan juga akan semakin bertambah pesat.
Mengingat bahwa tingkat penjualan sangat berpengaruh pada tim sales, sebab mereka berhubungan langsung dengan konsumen.
Tidak hanya tim sales, keuntungan lain dapat dirasakan juga oleh staff di bidang lain, perusahaan, hingga konsumen.
3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Dengan adanya sales management yang baik, perusahaan bisa memberikan pengalaman dan layanan yang baik untuk pelanggan. Tentunya akan berdampak pada kepuasan pelanggan dan membuat mereka kembali membeli produk atau layanan yang ditawarkan.
4. Tinjauan Rinci Tentang Riwayat Pelanggan
Hal terpenting yang didapat jika mempunyai sales management adalah semua komunikasi dengan atau tentang pelanggan dapat disimpan di tempat yang sama.
Maka, anggota tim bisa mencari dan melihat riwayat pelanggan secara lengkap. Lebih penting lagi, tim sales juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk melibatkan setiap pelanggan secara lebih personal.
Baca juga : 7 Strategi Efektif Meningkatkan Produktivitas Sales
Aspek Sales Management
Setidaknya ada tiga aspek yang perlu Anda ketahui agar sales management bisa berjalan dengan baik, ketiga aspek tersebut meliputi:
1. Sales Operation
Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah sales operation atau operasi penjualan, yang mencakup penyusunan tim sales yang lebih efektif.
Hal ini dikarenakan perusahaan harus selalu memperhatikan orang yang bergabung dalam timnya sudah memperoleh tugas dan tanggung jawab yang sesuai dengan tingkat pengetahuan dan keahliannya. Dengan demikian, setiap tugas yang dibagikan akan dikerjakan dan berjalan dengan baik.
Bayangkan, bila seseorang ditugaskan hal yang tidak diketahui, kuasai, dan sesuai dengan keterampilannya, sudah dapat dipastikan pekerjaannya tidak akan berjalan dengan lancar dan dapat merugikan perusahaan.
Di samping itu, pihak sales manager juga memiliki kewajiban untuk melatih setiap orang yang ada di dalam timnya agar tujuan dari perusahaan bisa tercapai dengan baik, tentunya harus sesuai dengan kemampuannya masing-masing.
2. Sales Strategy
Aspek selanjutnya adalah strategi sales, yang mana hal ini menjadi fokus penting dalam manajemen penjualan dan termasuk ke dalam proses manajemen perusahaan.
Dengan demikian, sales manager perlu mempersiapkan dan mempertimbangkan secara matang sales funnel saat timnya sudah siap melakukan strategi saat berbisnis.
Penting untuk diingat bahwa sales funnel juga harus bisa menjelaskan secara menyeluruh tentang bagaimana suatu proses penjualan bisa terjadi. Mulai dari tahap lead generation hingga konversi yang sukses.
3. Sales Analysis
Aspek terakhir yang memiliki peran penting dalam manajemen penjualan yaitu terletak pada sales analysis-nya.
Sebab, dari sales analysis tersebut Anda dapat mengetahui keberhasilan strategi penjualan yang telah diterapkan dan cara analisis seperti apa yang sudah diraihnya. Maka dengan itu, perlu melakukan analisis yang mendalam agar dapat terlihat efisiensi kinerja yang diberikan.
Manajer penjualan juga wajib melakukan dan mempertimbangkan acuan yang jelas atau KPI (key performance indicator) untuk tim penjualan sebagai ukuran bahan analisis.
Sebab, saat mendapatkan matriks yang jelas, maka analisis juga bisa dilakukan dengan baik dan memberikan hasil yang tepat untuk strategi penjualan di masa mendatang.
Baca juga : Sales Taking Order: Apa itu & Cara Kerja
Itu dia manfaat dan aspek manajemen penjualan yang wajib diketahui. Meningkatkan produktivitas sales bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, Anda memerlukan strategi yang tepat dan matang.
Oleh karenanya, sales management penting dilakukan bagi setiap perusahaan.Bagi Anda membutuhkan teknologi yang memudahkan dan meningkatkan produktivitas sales, ework membawa solusi untuk Anda.
ework adalah aplikasi sales force automation yang dirancang untuk mengoptimalkan kinerja tim sales. Memakai ework, tentu kerja menjadi lebih efisien dan efektif. Selain itu, ework memiliki fitur unggulan bernama chat commerce.
Chat commerce dapat memungkinkan sales berkomunikasi dengan pelanggan secara real-time, mengirim katalog produk, dan membuat pesanan berdasarkan permintaan pelanggan yang diterima melalui fitur chat. Hanya dengan harga Rp99.000/bulan, Anda sudah bisa mendapatkan ework ini. Jadi tunggu apa lagi? Jadwalkan demo secara gratis sekarang dan rasakan manfaatnya!