Apa itu CRM? Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

03 December 2024

CRM adalah singkatan dari customer relationship management. CRM adalah salah satu strategi digital marketing yang terfokus untuk membangun hubungan baik dengan konsumen. 

Dengan terbukanya komunikasi yang baik dengan konsumen, diharapkan peningkatan sales juga akan terjadi. 

Strategi ini memungkinkan konsumen untuk terpapar dengan berbagai informasi dari perusahaan sehingga retensi konsumen bisa dipertahankan. 

Jika dilakukan dengan otomatisasi digital, strategi CRM bisa menjangkau sangat banyak konsumen, bahkan bisa mendatangkan konsumen baru. Menarik, bukan? Simak penjelasan lanjutannya. 

Apa Itu CRM (Customer Relationship Management)? 

Customer relationship management atau CRM adalah suatu cara untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. 

Tujuannya adalah untuk lebih dekat dengan pelanggan, membangun dan mempertahankan loyalitas, serta meningkatkan pertumbuhan sales. Cara ini efektif untuk membuat bisnis tetap bertahan di lingkungan yang semakin kompetitif. 

Semua interaksi yang dilakukan ke pelanggan ini akan dianalisis dan dikelola sehingga model komunikasi yang tepat bisa ditemukan. 

Analilsis yang tepat akan menciptakan pengalaman buying experience yang positif bagi pelanggan. Biasanya, perusahaan akan menggunakan sebuah aplikasi khusus untuk melakukan hal ini. 

Maksud dan Tujuan CRM 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, tujuan CRM adalah untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan sehingga akhirnya memengaruhi pertumbuhan sales. 

Berikut ini adalah apa saja yang bisa perusahaan dan pelanggan dapatkan dengan menggunakan strategi CRM dengan baik. 

1. Memberi Tahu Pelanggan Bahwa Ada Varian Produk Terbaru

Strategi CRM dirancang untuk membantu perusahaan melakukan interaksi yang efektif dengan pelanggan. 

Salah satu interaksi yang bisa dilakukan adalah dengan memberi tahu pelanggan akan varian produk yang baru saja diluncurkan. Biasanya, metode yang digunakan adalah menggunakan email marketing atau telephone marketing. 

2. Mengingatkan Pelanggan Untuk Kembali Berbelanja 

Otomatisasi strategi CRM yang terintegrasi menggunakan aplikasi digital memungkinkan perusahaan untuk mengetahui frekuensi belanja pelanggan. 

Dengan begitu, perusahaan bisa mengirimkan pesan singkat atau melalui email untuk menarik pelanggan untuk berbelanja lagi. Strategi ini harus dilakukan secara cermat agar tidak terkesan mengganggu dan spamming. 

3. Membuka Jalur Komunikasi Secara Langsung dengan Pelanggan 

Dengan adanya database informasi kontak pelanggan, perusahaan bisa berinteraksi secara langsung. 

Komunikasi ini bisa memanfaatkan layanan customer service, chatbot, atau fitur live chat untuk memberi pelanggan ketika ada diskon, penawaran menarik, atau hal-hal lainnya. Pelanggan bisa memutuskan untuk menanggapi interaksi ini atau tidak. 

4. Memberikan Informasi Promo Menarik Pada Pelanggan 

Informasi promo menarik yang langsung masuk ke inbox pelanggan akan terasa lebih personal dan spesial. 

Layanan personalisasi seperti ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Gaya komunikasi yang berubah-ubah sesuai dengan preferensi setiap pelanggan adalah kelebihan strategi CRM yang tidak ada di strategi digital marketing lainnya.

Baca juga: 8 Faktor dan 7 Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Berbagai Manfaat CRM

Implementasi sistem CRM yang jitu akan membawa banyak manfaat baik kepada perusahaan maupun kepada pelanggan. 

Meskipun pada akhirnya CRM digunakan untuk mendorong angka sales, manfaat CRM ternyata bisa lebih dari itu. Baca lebih lanjut untuk mengetahuinya. 

1. Membantu Perusahaan Mengelola Informasi Kontak Konsumen 

Sistem CRM yang baik akan memungkinkan penyimpanan dan pengelolaan informasi kontak konsumen secara terorganisasi. 

Semua informasi ini bisa dimanfaatkan oleh tim data analyst untuk mengetahui riwayat transaksi, preferensi belanja, preferensi komunikasi, hingga kebutuhan mendasar pelanggan. 

2. Membantu Meningkatkan Konversi Sales dan Loyalitas Konsumen

Data yang dikumpulkan bisa digunakan untuk menentukan pelanggan mana yang membutuhkan penawaran khusus. 

Langkah ini dilakukan agar penawaran yang diberikan lebih relevan dan lebih dekat dengan apa yang benar-benar dibutuhkan pelanggan. Dengan begitu, konversi sales akan lebih memungkinkan untuk terjadi. 

3. Otomatisasi Pemasaran yang Lebih Tepat Sasaran 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sistem CRM yang terintegrasi bisa mengenali segmentasi konsumen sehingga berbagai penawaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing segmen. 

Hal ini membantu tim marketing untuk melakukan kampanye pemasaran yang lebih efisien dan tepat sasaran.

4. Membantu Perusahaan Untuk Melakukan Survey dengan Efektif

Informasi kontak yang dikumpulkan juga bisa digunakan perusahaan untuk melakukan survey. Ada banyak survey yang bisa dilakukan perusahaan, seperti survey kepuasan pelanggan, survey kebutuhan pasar, atau survey kualitas produk. 

Data yang terkumpul nantinya bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk menyusun produk baru. 

Contoh-contoh Penerapan CRM

CRM adalah salah satu strategi digital marketing dengan berbagai manfaat. Dengan semakin tingginya frekuensi penggunaan gawai pada konsumen, strategi ini bisa dengan mudah untuk dilaksanakan. 

Anda bisa menggunakan email marketing atau telephone marketing. Simak penjelasannya berikut ini. 

1. Email Marketing 

Salah satu penerapan paling umum dalam strategi CRM adalah email marketing. Strategi ini memungkinkan berbagai informasi tentang suatu produk untuk langsung masuk ke inbox pribadi pelanggan. Penyusunan konten email bisa dilakukan dengan memperhatikan preferensi komunikasi pelanggan. 

2. Telephone Marketing 

Telephone marketing bisa berarti banyak hal, mulai dari pesan SMS, telepon promosi atau cold calls, sampai dengan notifikasi push. Jika perusahaan Anda mempunyai aplikasi mobile khusus untuk pelanggan, strategi telephone marketing bisa Anda lakukan dengan lebih mudah. 

Demikian pemaparan dari apa itu CRM (customer relationship management), tujuan, dan manfaatnya dalam membangun hubungan berkepanjangan dengan pelanggan. Hubungan yang baik akan membuat pelanggan merasa lebih diperhatikan. Alhasil, perusahaan bisa menikmati meningkatnya pertumbuhan sales. 

Strategi CRM lebih mudah untuk dilakukan jika perusahaan mempunyai aplikasi khusus yang sudah terintegrasi dengan sistem. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan emitra

emitra menawarkan kemudahan untuk tetap terhubung dengan konsumen, menjangkau konsumen baru, serta melakukan manajemen pesanan dengan efektif. 

emitra adalah sebuah platform e-commerce B2B dari PT Elektronik Distribusi Otomatisasi (eDOT), yang memungkinkan distributor dan pihak retail untuk melakukan pembelian dan penjualan dengan lebih efisien. 

Dengan begitu, produktivitas perusahaan bisa lebih terbantu dan kepuasan pelanggan bisa lebih meningkat. 

Jadikan proses komunikasi dengan pelanggan lebih ringkas, cepat, dan tak perlu banyak tenaga. emitra memudahkan Anda untuk menjangkau pelangan-pelangan Anda tanpa proses yang berbelit-belit. Tunggu apa lagi, hubungi kami dan cobalah demo secara gratis.

Baca juga: Perbedaan SFA dan CRM: Optimalkan Operasional Bisnis Anda