image

Customer Relationship Management (CRM), Ini Fungsi dan Manfaatnya untuk Bisnis

06 February 2025

CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi utama dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan mendorong pertumbuhan bisnis. Lebih dari sekadar alat pengelolaan data, CRM mengintegrasikan proses komunikasi, penjualan, dan layanan pelanggan agar bisnis berjalan lebih efisien dan personal.

Sistem customer relationship management memungkinkan bisnis untuk memahami perilaku dan kebutuhan pelanggan secara lebih mendalam. Dengan pemanfaatan data dan otomatisasi, perusahaan dapat memberikan layanan yang relevan, tepat waktu, dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Baca artikel lengkapnya dan pelajari bagaimana CRM dapat menjadi kunci transformasi digital dalam strategi pemasaran dan layanan pelanggan anda.

Apa Itu CRM (Customer Relationship Management)? 

Customer relationship management atau CRM adalah strategi dan sistem yang digunakan perusahaan untuk membangun, mempertahankan, dan mengelola hubungan dengan pelanggan secara efektif.

Tujuannya adalah untuk lebih dekat dengan pelanggan, membangun dan mempertahankan loyalitas, serta meningkatkan pertumbuhan sales. Cara ini efektif untuk membuat bisnis tetap bertahan di lingkungan yang semakin kompetitif. 

Semua interaksi yang dilakukan ke pelanggan ini akan dianalisis dan dikelola sehingga model komunikasi yang tepat bisa ditemukan. 

Analilsis yang tepat akan menciptakan pengalaman buying experience yang positif bagi pelanggan. Biasanya, perusahaan akan menggunakan sebuah aplikasi khusus untuk melakukan hal ini.

Baca Juga: Customer Relation: Pengertian, Jenis, dan Cara Membangunnya

Tujuan CRM dalam Strategi Bisnis

Tujuan utama dari implementasi CRM adalah meningkatkan loyalitas pelanggan dan mendorong pertumbuhan penjualan. 

Berikut ini adalah apa saja yang bisa perusahaan dan pelanggan dapatkan dengan menggunakan strategi CRM dengan baik. 

1. Memberi Tahu Pelanggan Bahwa Ada Varian Produk Terbaru

Strategi CRM dirancang untuk membantu perusahaan melakukan interaksi yang efektif dengan pelanggan. 

Salah satu interaksi yang bisa dilakukan adalah dengan memberi tahu pelanggan akan varian produk yang baru saja diluncurkan. Biasanya, metode yang digunakan adalah menggunakan email marketing atau telephone marketing. 

2. Mengingatkan Pelanggan Untuk Kembali Berbelanja 

Otomatisasi strategi CRM yang terintegrasi menggunakan aplikasi digital memungkinkan perusahaan untuk mengetahui frekuensi belanja pelanggan. 

Dengan begitu, perusahaan bisa mengirimkan pesan singkat atau melalui email untuk menarik pelanggan untuk berbelanja lagi. Strategi ini harus dilakukan secara cermat agar tidak terkesan mengganggu dan spamming. 

3. Membuka Jalur Komunikasi Secara Langsung dengan Pelanggan 

Dengan adanya database informasi kontak pelanggan, perusahaan bisa berinteraksi secara langsung. 

Komunikasi ini bisa memanfaatkan layanan customer service, chatbot, atau fitur live chat untuk memberi pelanggan ketika ada diskon, penawaran menarik, atau hal-hal lainnya. Pelanggan bisa memutuskan untuk menanggapi interaksi ini atau tidak. 

4. Memberikan Informasi Promo Menarik Pada Pelanggan 

Informasi promo menarik yang langsung masuk ke inbox pelanggan akan terasa lebih personal dan spesial. 

Layanan personalisasi seperti ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Gaya komunikasi yang berubah-ubah sesuai dengan preferensi setiap pelanggan adalah kelebihan strategi CRM yang tidak ada di strategi digital marketing lainnya.

Baca juga: Customer Relation: Pengertian, Jenis, dan Cara Membangunnya

Manfaat CRM untuk Perusahaan

Implementasi customer relationship management yang tepat tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga memperkuat fondasi hubungan pelanggan: 

1. Membantu Perusahaan Mengelola Informasi Kontak Konsumen 

Sistem CRM yang baik akan memungkinkan penyimpanan dan pengelolaan informasi kontak konsumen secara terorganisasi. 

Semua informasi ini bisa dimanfaatkan oleh tim data analyst untuk mengetahui riwayat transaksi, preferensi belanja, preferensi komunikasi, hingga kebutuhan mendasar pelanggan. 

2. Membantu Meningkatkan Konversi Sales dan Loyalitas Konsumen

Data yang dikumpulkan bisa digunakan untuk menentukan pelanggan mana yang membutuhkan penawaran khusus. 

Langkah ini dilakukan agar penawaran yang diberikan lebih relevan dan lebih dekat dengan apa yang benar-benar dibutuhkan pelanggan. Dengan begitu, konversi sales akan lebih memungkinkan untuk terjadi. 

3. Otomatisasi Pemasaran yang Lebih Tepat Sasaran 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sistem CRM yang terintegrasi bisa mengenali segmentasi konsumen sehingga berbagai penawaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing segmen. 

Hal ini membantu tim marketing untuk melakukan kampanye pemasaran yang lebih efisien dan tepat sasaran.

4. Membantu Perusahaan Untuk Melakukan Survey dengan Efektif

Informasi kontak yang dikumpulkan juga bisa digunakan perusahaan untuk melakukan survey. Ada banyak survey yang bisa dilakukan perusahaan, seperti survey kepuasan pelanggan, survey kebutuhan pasar, atau survey kualitas produk. 

Data yang terkumpul nantinya bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk menyusun produk baru.

Baca Juga: Contoh Customer Relationship Management & Tips Penerapannya

Contoh Penerapan CRM dalam Bisnis

CRM adalah salah satu strategi digital marketing dengan berbagai manfaat. Dengan semakin tingginya frekuensi penggunaan gawai pada konsumen, strategi ini bisa dengan mudah untuk dilaksanakan. 

Anda bisa menggunakan email marketing atau telephone marketing. Simak penjelasannya berikut ini. 

1. Email Marketing 

Salah satu penerapan paling umum dalam strategi CRM adalah email marketing. Strategi ini memungkinkan berbagai informasi tentang suatu produk untuk langsung masuk ke inbox pribadi pelanggan. Penyusunan konten email bisa dilakukan dengan memperhatikan preferensi komunikasi pelanggan. 

2. Telephone Marketing 

Telephone marketing bisa berarti banyak hal, mulai dari pesan SMS, telepon promosi atau cold calls, sampai dengan notifikasi push. Jika perusahaan Anda mempunyai aplikasi mobile khusus untuk pelanggan, strategi telephone marketing bisa Anda lakukan dengan lebih mudah. 

Mengadopsi CRM (Customer Relationship Management) bukan lagi pilihan, tapi kebutuhan. Dengan CRM, bisnis tidak hanya menjual, tapi juga membangun hubungan jangka panjang yang berdampak pada pertumbuhan.

Strategi CRM lebih mudah untuk dilakukan jika perusahaan mempunyai aplikasi khusus yang sudah terintegrasi dengan sistem. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan emitra

emitra menawarkan kemudahan untuk tetap terhubung dengan konsumen, menjangkau konsumen baru, serta melakukan manajemen pesanan dengan efektif. 

emitra adalah sebuah platform e-commerce B2B dari PT Elektronik Distribusi Otomatisasi (eDOT), yang memungkinkan distributor dan pihak retail untuk melakukan pembelian dan penjualan dengan lebih efisien. 

Dengan begitu, produktivitas perusahaan bisa lebih terbantu dan kepuasan pelanggan bisa lebih meningkat. 

Jadikan proses komunikasi dengan pelanggan lebih ringkas, cepat, dan tak perlu banyak tenaga. emitra memudahkan Anda untuk menjangkau pelangan-pelangan Anda tanpa proses yang berbelit-belit. Tunggu apa lagi, hubungi kami dan cobalah demo secara gratis.

Baca juga: Perbedaan SFA dan CRM: Optimalkan Operasional Bisnis Anda

Pertanyaan Seputra Customer Relationship Management (CRM)

  1. Apa itu CRM (Customer Relationship Management)? CRM adalah strategi dan sistem untuk membangun dan mengelola hubungan jangka panjang dengan pelanggan secara efisien dan personal.
  2. Apa tujuan utama dari CRM? Tujuannya adalah meningkatkan loyalitas pelanggan, mendorong penjualan, dan menyediakan pengalaman pelanggan yang lebih baik.
  3. Apa saja contoh penerapan CRM? Contohnya meliputi email marketing, telephone marketing, push notification, dan chatbot untuk interaksi yang lebih personal.
  4. Apa manfaat utama menggunakan sistem CRM? Manfaatnya termasuk otomatisasi pemasaran, peningkatan konversi penjualan, dan pengelolaan data pelanggan yang lebih efisien.
logo rounded whatsapp