Mungkin Anda masih bertanya-tanya tentang apa itu pemasaran sebenarnya. Marketing atau pemasaran adalah semua upaya yang dilakukan untuk mempromosikan brand dan produk kepada konsumen.
Upaya-upaya pemasaran ini tersusun dengan perencanaan dan strategi yang matang, sehingga output yang dihasilkan bisa berdampak besar bagi perusahaan.
Dalam pemasaran, Anda akan mempelajari banyak sekali hal, mulai dari segmentasi pasar, buyer persona, product persona, riset target pasar, dan lain-lain.
Semua langkah ini dilakukan agar brand atau produk yang sedang dipasarkan menyentuh hati target konsumen dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.
Apa Itu Pemasaran?
Pemasaran adalah proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengenalkan brand, produk atau layanan kepada target audiens.
Tujuannya adalah untuk menarik perhatian, menciptakan minat, dan pada akhirnya menghasilkan penjualan atau menciptakan hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan.
Pemasaran atau marketing adalah beberapa strategi dan metode yang dirancang untuk menjangkau dan memengaruhi target pasar dengan cara yang relevan dan menarik. Dalam praktiknya, fungsi pemasaran juga untuk membangun brand value.
Beragam Fungsi Pemasaran bagi Perusahaan
Fungsi pemasaran yang bisa didapatkan perusahaan banyak sekali. Salah satunya adalah untuk membangun kesan positif terhadap suatu brand atau produk sehingga konsumen bisa lebih tertarik membeli produk Anda daripada produk kompetitor. Berikut ini penjelasan lengkapnya.
1. Mengenalkan Produk ke Pasar
Fungsi pemasaran yang pertama adalah untuk mengenalkan produk ke pasar dengan cara yang menarik dan efektif. Sebuah produk yang bagus tidak akan berarti apa-apa jika tidak dikenal oleh pasar.
2. Menjangkau Target Pasar Baru
Selanjutnya, pemasaran memungkinkan perusahaan untuk memperluas jangkauan bisnis mereka ke segmen pasar baru, baik secara lokal maupun global. Hal ini sangat penting untuk pertumbuhan perusahaan. Sebuah brand bisa dikenal secara mendunia sering kali dikarenakan oleh strategi marketing yang jenius.
3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Salah satu fungsi marketing yang bisa dirasakan oleh seluruh tim di perusahaan adalah dalam hal meningkatnya kepuasan pelanggan. Hal ini didorong oleh pemahaman yang lebih mendetail tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan.
4. Memenangkan Persaingan dengan Kompetitor
Dalam pasar yang kompetitif, pemasaran membantu perusahaan menonjol dengan strategi yang kreatif dan efektif, baik melalui branding, kualitas produk, maupun penawaran yang menarik.
Fungsi marketing di sini adalah untuk menjaga agar brand atau produk tetap bisa relevan di tengah gempuran kompetisi.
5. Meningkatkan Angka Sales
Fungsi pemasaran yang terakhir tentu saja adalah untuk meningkatkan angka penjualan atau sales. Pemasaran yang baik mendorong peningkatan penjualan dengan menciptakan strategi kampanye marketing yang dirancang untuk mengubah minat menjadi pembelian.
Berbagai Jenis Pemasaran yang Ada
Ada banyak sekali jenis pemasaran yang bisa diterapkan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Berikut ini adalah beberapa contoh pemasaran berdasarkan jenis-jenisnya.
Dari pemasaran tradisional sampai digital, inilah beberapa jenis pemasaran yang bisa Anda terapkan.
1. Brand Marketing
Jenis pemasaran yang pertama adalah brand marketing. Fokus utama dari brand marketing adalah membangun citra positif tentang merek di hati konsumen. Strategi ini membantu menciptakan loyalitas pelanggan dan meningkatkan kesadaran merek.
Baca juga: Brand Marketing: Pengertian, Tujuan, dan Tips-tips Optimasi
2. Product Marketing
Jenis marketing yang kedua adalah product marketing. Product marketing berfokus pada mempromosikan produk tertentu dengan memperhatikan pilar-pilar utama dalam pemasaran sehingga komunikasi nilai produk kepada pelanggan bisa berjalan lancar. Jenis marketing ini juga akan membentuk loyalitas konsumen.
Baca juga: Apa itu Product Marketing? Arti, Pilar, dan Strateginya
3. Traditional Marketing
Traditional marketing adalah sekumpulan metode marketing yang masih konvensional. Jenis pemasaran ini memanfaatkan teknologi nondigital, seperti iklan di baliho, televisi, radio, surat kabar, majalah, hingga banner-banner di jalan raya.
Meskipun begitu, jenis marketing ini masih sangat relevan untuk membentuk brand authority di lingkup yang lebih kecil.
4. Digital Marketing
Jenis pemasaran yang terakhir adalah digital marketing. Di era digital, pemasaran online sering kali menjadi pilihan utama karena jangkauannya yang sangat luas.
Digital marketing mencakup berbagai metode, seperti pemasaran melalui media sosial, SEO, email marketing, dan masih banyak lagi.
Baca juga: Mengenal Digital Marketing, Manfaat, Pengaruh Media Sosial terhadap SEO & Berbagai Jenisnya
Beberapa Contoh Pemasaran yang Bisa Anda Coba
Jenis-jenis pemasaran di atas mempunyai beberapa contoh. Inilah aneka contoh pemasaran yang bisa Anda lakukan, mulai dari memasang iklan baliho, mencetak banner dan poster, sampai dengan bekerja sama dengan influencer dan brand ambassador. Simak selengkapnya di bawah ini.
1. Memasang Iklan
Contoh pemasaran yang pertama adalah memasang iklan. Anda bisa menempatkan iklan ini di banyak tempat yang sekiranya menjadi pusat perhatian target pasar Anda. Beberapa platform yang bisa Anda gunakan adalah iklan televisi, koran, majalah, hingga billboard.
2. Social Media Marketing (SMM)
Contoh pemasaran yang selanjutnya adalah dengan menggunakan social media marketing. Media sosial, seperti Instagram dan TikTok, adalah platform yang sangat efektif untuk berinteraksi langsung dengan target pasar dan membangun hubungan yang lebih mendalam. Strategi ini juga sangat berguna untuk melakukan riset pasar.
3. Search Engine Optimization (SEO)
SEO bertujuan untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari, seperti Google. Dengan SEO yang optimal, perusahaan dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan.
SEO juga bisa diterapkan di media sosial dengan cara memilih kata kunci dan hashtag yang tepat untuk masing-masing unggahan.
4. Influencer Marketing
Contoh pemasaran yang terakhir adalah influencer marketing. Kolaborasi dengan influencer yang memiliki audiens yang relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan menarik perhatian terhadap produk Anda. Selain itu, influencer ini nantinya juga bisa Anda kontrak menjadi brand ambassador juga.
Jadi, demikianlah penjelasan lengkap tentang apa itu pemasaran, fungsi, hingga berbagai jenis dan contohnya yang sangat beraneka ragam.
Marketing tidak hanya tentang bagaimana meningkatkan jumlah penjualan, tetapi juga tentang bagaimana sebuah brand bisa menjadi problem solver dengan menawarkan sebuah produk.
Lebih dari itu semua, fungsi marketing yang tak kalah penting adalah untuk memahami dan terhubung dengan orang lain yang mempunyai ciri khas tersendiri.
Oleh karena itu, langkah-langkah marketing selalu didahului dengan riset pasar. Untuk memudahkan brand Anda melakukannya, mari bekerjasama dengan emagineer.
emagineer adalah sebuah agensi pemasaran yang membantu memperluas jangkauan pemasaran brand Anda sehingga bisa lebih dikenal. emagineer menawarkan beberapa layanan pemasaran digital, seperti KOL Management, Talent Management, Campaign Strategy and Planning, dan Content Creation.
emagineer adalah sebuah agensi di bawah naungan PT Elektronik Distribusi Otomatisasi (eDOT) yang sudah sangat cakap dalam hal marketing dan pemasaran berbagai bidang industri, seperti gaming, FMCG, dan telekomunikasi. Kunjungi website kami dan dapatkan konsultasi gratis untuk kebutuhan marketing Anda.