image

Cara Membuat Facebook Ads yang Efektif dan Menguntungkan

22 May 2025

Bukan hanya untuk posting foto update status, Facebook juga bisa Anda pakai untuk jualan, lho. Caranya yaitu dengan menggunakan fitur Facebook Ads, yang mana adalah iklan berbayar dari Facebook.

Dengan Facebook Ads ini, Anda bisa menunjukkan produk ke orang-orang yang sesuai dengan target usaha Anda sehingga lebih tepat sasaran.

Cara membuat Facebook Ads juga cukup mudah. Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan langkah-langkah membuatnya serta beberapa tips agar iklan Anda lebih menarik dan dilihat oleh banyak orang. Yuk, simak!

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook Ads atau FB Ads adalah sarana iklan berbayar yang bisa digunakan untuk memperkenalkan produk maupun layanan kepada audiens di Facebook. Biasanya, iklan ini akan muncul di beranda atau sisi layar.

Selain itu, Facebook Ads memiliki beberapa jenis iklan, tergantung tujuan Anda. Misalnya, untuk menambah jumlah pengunjung, mengumpulkan data calon pelanggan, hingga meningkatkan jumlah tayangan.

Jika ini baru pertama kali Anda mendengar tentang Facebook Ads, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai belajar dan menggunakannya demi mengembangkan bisnis Anda.

Cara Membuat Facebook Ads

Facebook bisa menjadi alat yang efektif dalam memperkenalkan produk atau layanan Anda ke Audiens yang lebih luas. 

Dengan jutaan pengguna aktif, Facebook bisa memberi kesempatan untuk menargetkan iklan pada orang-orang yang tepat. Di bawah ini merupakan cara membuat iklan di Facebook dengan mudah dan efektif:

1. Buka Facebook Ads Manager dan Buat Akun Iklan

Cara membuat Facebook Ads yang pertama adalah dengan mengakses Facebook Ads Manager, yaitu platform yang digunakan untuk mengatur dan menjalankan berbagai iklan di Facebook.

Setelah berada dalam Ads Manager, cari tombol “Create”. Klik tombol itu untuk proses pembuatan iklan. 

Baca juga: Cara Melakukan Sales Monitoring Efektif untuk Hasil Maksimal

2. Tentukan Tujuan Iklan yang Ingin Dicapai

Langkah selanjutnya setelah menekan tombol “Create” adalah menetapkan objective iklan yang ingin dicapai. Terdapat beberapa pilihan objective yang dapat Anda pilih, antara lain:

  • Brand awareness.
  • Reach.
  • Website traffic.
  • Engagement.
  • App installs.
  • Video views.
  • Lead generation.
  • Messages.
  • Conversions.
  • Catalog sales.
  • Store traffic.

Nah, objective yang Anda tentukan akan memengaruhi cara Facebook Ads merancang strategi iklannya. Misalnya, jika Anda memilih brand awareness, langkah-langkahnya akan berbeda dibandingkan dengan memilih website traffic. Maka dari itu, pilihlah tujuan yang paling relevan dengan apa yang Anda butuhkan.

3. Pilih Target Audiens yang Tepat

Keberhasilan Facebook Ads sangat dipengaruhi oleh seberapa tepat Anda dalam menentukan audiens yang ingin dituju. Anda bisa mencoba berbagai audiens terlebih dahulu dan memanfaatkan fitur audience definition gauge untuk menemukan audiens yang potensial.

Facebook memperhitungkan berbagai faktor dalam menentukan audiens, seperti lokasi, jenis kelamin, usia, minat, serta perilaku. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan Custom Audience untuk menargetkan orang-orang tertentu berdasarkan data yang sudah ada.

4. Tetapkan Anggaran Iklan Sesuai Kebutuhan

Setelah menentukan audiens, langkah selanjutnya adalah menentukan anggaran iklan. Anda bisa memilih dua jenis anggaran, yaitu daily budget dan lifetime budget. 

Daily budget merupakan anggaran yang Anda tetapkan setiap hari, sedangkan lifetime budget adalah jumlah total anggaran yang akan dikeluarkan selama periode iklan yang sudah ditentukan. 

5.  Buat Konten Iklan Menarik dan Sesuai Format

Pada langkah berikutnya, Anda bisa memulai membuat iklan yang menarik. Terdapat dua jenis iklan yang bisa Anda pilih, yaitu Link dan Carousel.

Iklan Link akan menampilkan satu gambar dengan teks yang dibatasi, sedangkan Carousel memungkinkan Anda menampilkan beberapa gambar. 

Selain membuat iklan yang menarik, pastikan juga ukuran gambar dan teks sesuai dengan aturan yang ada, seperti rasio gambar dan jumlah karakter yang diperbolehkan.

Baca juga: 10 Manfaat Sales Force Automation Untuk Bisnis 

6. Tentukan Penempatan Iklan di Facebook

Anda dapat memilih tempat di mana iklan Facebook Anda akan tampil, seperti di News Feed, desktop News Feed, atau kolom kanan Facebook.

Setelah itu, Facebook akan meminta Anda untuk meninjau iklan sebelum diunggah. Apabila masih terdapat kekurangan, Anda perlu segera merevisinya.Setelah semuanya sesuai, Anda akan mendapatkan email konfirmasi bahwa iklan Anda telah ditayangkan di Facebook.

Tips Membuat Facebook Ads

Setelah mempelajari cara membuat advertising di Facebook, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui untuk membuat iklan yang lebih efektif. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuatnya:

1. Gunakan Gambar yang Bisa Mendorong Interaksi

Tips yang pertama yaitu menggunakan gambar yang bisa mendorong interaksi. Anda bisa mencoba memadukan gambar dan headline yang kontras. Misalnya, jika headline Anda bernada serius, gunakan gambar yang ceria, dan sebaliknya.

Kontras ini bisa menarik perhatian orang-orang untuk melihat iklan Anda. Jika membutuhkan ide, Anda bisa mencari inspirasi dari contoh iklan yang sudah pernah dibuat bisnis lain.

2. Tampilkan Secara Simpel dan Jelas

Buatlah iklan yang simpel dan langsung ke inti. Gunakan CTA (Call to Action) yang jelas sesuai dengan tujuan iklan. 

Contohnya, jika tujuannya untuk mengenalkan produk, maka cukup tampilkan info yang menarik. Namun, jika tujuannya ingin orang langsung membeli, buat ajakan yang lebih tegas dan meyakinkan.

3. Buat Headline yang Menarik

Pakai headline yang jelas dan mudah dimengerti. Buat kalimat yang menarik perhatian dan bisa memancing orang untuk memberi respons, tetapi jangan berlebihan atau terkesan menipu. Agar lebih tahu gaya bahasa yang pas, Anda bisa sering-sering melihat contoh iklan di Facebook atau Instagram.

4. Isi Deskripsi

Terakhir, manfaatkan kolom deskripsi di bawah iklan untuk menambahkan info penting. Anda bisa gunakan bagian ini untuk menjawab pertanyaan yang mungkin muncul, memberi detail tambahan, atau menampilkan teaser iklan.

Itulah penjelasan mengenai cara membuat Facebook Ads dilengkapi dengan tips membuatnya. Dengan langkah dan strategi yang tepat, iklan Anda bisa lebih efektif dan tepat sasaran.

Selain itu, untuk mendukung keberhasilan bisnis Anda, memilih platform yang tepat untuk mendigitalisasi transaksi sangat penting. Salah satu platform yang bisa Anda andalkan dalam dunia e-commerce B2B adalah emitra

emitra menghubungkan distributor dan pengecer untuk mempermudah proses pembelian dan penjualan produk sehingga memungkinkan Anda untuk membeli langsung dari pemasok terpercaya tanpa perantara.  

Anda juga berkesempatan mendapatkan pengiriman gratis untuk setiap pesanan, hal ini pastinya membuat pengalaman bertransaksi jadi lebih nyaman. 

Selain itu, fitur Real-Time Tracking juga menjadi keunggulan emitra, jadi Anda bisa memantau status setiap pesanan secara langsung. 

Hal ini tentu bisa memudahkan Anda untuk memastikan pengiriman tepat waktu dan memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan. Menarik, bukan?

Maka dari itu, segera ajukan penawaran dan capai kesuksesan bisnis B2B Anda lebih cepat dengan emitra!

Baca Juga: 5 Platform E-Commerce Terpopuler di Indonesia 2025: Siapa yang Mendominasi?

logo rounded whatsapp