image

Apa itu Iklan Digital? Ini Ciri-Ciri, Jenis, & Contohnya

21 May 2025

Dalam dunia bisnis, iklan memiliki peranan penting untuk menarik minat konsumen agar volume penjualan dan pendapatan usaha meningkat. 

Apalagi, di era kecanggihan teknologi saat ini telah banyak pemilik bisnis yang mulai beralih pada iklan digital (digital advertising) untuk mempromosikan produknya.

Iklan digital adalah salah satu bentuk strategi pemasaran produk melalui platform digital berbasis internet. Tentunya, jenis iklan ini cukup berbeda dengan iklan tradisional. 

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut terkait ciri-ciri, jenis, dan contoh  iklan digital, simak pembahasan berikut.

Apa Itu Iklan Digital?

Iklan digital adalah salah satu jenis iklan yang memanfaatkan teknologi dan platform digital untuk memasarkan produk, baik barang atau jasa. Bentuk iklan digital cukup beragam, mulai dari video, gambar, teks, dan lain-lain.

Sebagai pengguna internet, Anda bisa menemukan banyak contoh iklan digital dengan mudah. Pasalnya, jenis iklan ini biasanya muncul di situs web, media sosial, aplikasi mobile, email, hingga mesin pencari.

Iklan digital menawarkan banyak keuntungan bagi perkembangan bisnis, seperti berikut ini.

  • Iklan digital dapat disesuaikan dengan kebutuhan, strategi dan pesan brand serta perubahan tren.
  • Adanya ruang kreatif bagi bisnis untuk berinovasi dalam menciptakan iklan yang menarik, unik, dan interaktif.
  • Tersedia analytics tools yang berguna untuk mengukur tingkat ROI (Return of Investment) dan pelacakan terhadap kinerja iklan secara terperinci.
  • Memudahkan bisnis dalam menentukan kriteria demografi, online behavior, minat, psikografi audiens, minat, dan lain sebagainya dengan lebih tepat serta spesifik.
  • Jangkauan audiens yang lebih luas karena bisa diakses oleh siapa saja sehingga memungkinkan untuk memperluas potensi pasar.
  • Bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness, konversi, penjualan, dan customer engagement.

Karakteristik Iklan Digital

Iklan digital memiliki beberapa ciri yang cukup menonjol. Adapun ciri-ciri iklan digital adalah sebagai berikut.

1. Berbayar

Digital advertising umumnya berbasis biaya atau berbayar, baik itu CPA (Cost-Per-Acquisition), PPC (Pay-Per-Click), atau CPM (Cost-Per-Impression). Namun, anggaran iklan tetap bisa diatur karena karena sistem pembayarannya dapat disesuaikan dengan tujuan kampanye bisnis.

2. Didukung oleh Data

Dalam iklan digital, data merupakan salah satu komponen yang penting. Melalui data, pelaku usaha bisa mengambil keputusan bisnis yang bijak karena efektivitas business campaign lebih terukur. Dengan demikian, strategi produktivitas sales dapat dioptimalkan secara tepat.

3. Terukur

Iklan digital memiliki analytics tools yang memudahkan pelaku bisnis untuk melihat jumlah klik, tingkat engagement audiens, konversi, jangkauan, dan lain-lain. Metrik tersebut dapat dilacak dan diukur secara real-time.

4. Pribadi dan Nonpribadi

Selain berguna untuk meningkatkan kesadaran merek dalam segmentasi pasar yang luas, iklan digital juga bisa dipersonalisasi. Tujuannya adalah untuk kampanye pribadi dengan menargetkan individu berdasarkan aktivitas yang mencakup interaksi dan minat pengguna.

5. Berorientasi Pada Tujuan

Digital advertising campaign selalu dilatarbelakangi oleh tujuan tertentu yang spesifik. Umumnya, tujuan tersebut, seperti memperoleh leads baru, promosi produk, peningkatan penjualan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Apa Itu Sales Canvassing? Ini Tujuan dan Strategi Jitunya

Jenis-Jenis Iklan Digital

Jika ingin memasarkan produk dengan iklan digital, Anda perlu mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Adapun jenis-jenis iklan digital adalah sebagai berikut.

1. Social Media Ads

Social Media Ads

Sosial media ads, yaitu jenis iklan digital yang biasanya muncul di media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Social media ads bisa berupa video dan gambar. Di platform Instagram, iklan digital dapat diterapkan di feed maupun instagram story.

Misalnya saja pada contoh iklan digital dari GrabFood yang ditampilkan di Instagram story. Pada iklan tersebut, GrabFood ingin mempromosikan diskon pembelian makanan hingga 45% kepada audiens.

2. Search Ads

Search Ads

Search ads merupakan digital advertising yang ditampilkan di bagian atas atau bawah hasil pencarian. Jenis iklan digital ini juga dikenal dengan sebutan SEM (Search Engine Marketing). Search ads akan muncul ketika Anda mengetikkan suatu kata kunci di search engine Google.

Misalnya, Anda ingin mencari jasa SEO dan mengetikkan “SEO service”, maka Google akan memunculkan iklan terkait kata kunci tersebut. Seperti pada contoh iklan digital di atas, keterangan “Bersponsor” yang tercantum memperjelas bahwa itu merupakan sebuah iklan.

3. Email Ads

Email Ads

Jenis iklan digital ini hanya dapat ditemukan di email. Biasanya, Email ads ada di bagian tab “Promotions” dan dikirimkan oleh pelaku usaha kepada pengguna atau target pasar yang pernah melakukan transaksi dengan bisnis bersangkutan.

Gambar di atas merupakan contoh iklan digital yang dikirimkan oleh suatu lembaga. Tujuan pengiriman Email ads tersebut adalah untuk mempromosikan dan menawarkan produk atau layanan bisnisnya.

4. Display Ads

Display Ads

Jenis digital advertising ini umumnya muncul di sebuah situs web. Display ada yang ditampilkan bisa lebih dari satu. Misalnya, pada contoh gambar iklan digital tersebut dapat dilihat adanya iklan dari sebuah brand yang muncul di sisi tengah bawah dan atas website cnnindonesia.com.

Baca juga: Apa itu Buyer Persona? Manfaat, Contoh, & Cara Membuatnya

Demikian penjelasan mengenai apa itu iklan digital, ciri-ciri, jenis, dan contohnya. Bagi pelaku bisnis, informasi di atas penting untuk dipahami guna memperluas potensi pertumbuhan bisnis secara organik.

Jika Anda ingin memiliki rencana untuk membangun bisnis, emitra bisa menjadi pilihan dan solusi terbaik bagi Anda. Platform B2B dari eDOT tersebut dapat menghubungkan distributor dan pihak retail untuk mengefisienkan pembelian maupun penjualan produk.

Selain itu, emitra menyediakan berbagai fitur unggulan, seperti chat commerce yang akan memudahkan Anda dalam berkomunikasi langsung dengan salesman distributor. Dengan begitu, potensi bisnis dapat lebih dioptimalkan demi mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Apakah Anda tertarik? Hubungi kami dan coba free demo sekarang dengan menghubungi tim emitra kami. Bangun bisnis dengan lebih mudah dan efisien bersama emitra dari eDOT!

Baca juga: 8 Faktor dan 7 Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

logo rounded whatsapp